Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Debut sebagai Sutradara, Atiqah Hasiholan Ingin Hapus Stigma ODHA

Film yang juga menjadi penanda debutnya sebagai sutradara film pendek itu, merupakan hasil kerjasama UNAIDS Indonesia & Visinema Group.

"Sebuah film pendek mengenai HIV dan AIDS yang saya tulis dan saya sutradarai akan segera rilis 2 hari lagi: 'POSI(+)IF'," tulis Atiqah dalam unggahan di akun Instagramnya @atiqahhasiholan seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Bukan hanya sebagai sutradara, Atiqah yang juga merupakan National Goodwill Ambassador UNAIDS Indonesia berharap bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat atas isu HIV.

Atiqah pun mengungkapkan keinginannya untuk menghapus stigma masyarakat terkait ODHA melalui film yang dibuatnya.

"Ketika berbicara mengenai HIV/AIDS banyak respond penghakiman seperti 'siapa suruh mereka begini... siapa suruh mereka begitu, dan seterusnya'. Sarat stigma dan diskriminasi," tulis Atiqah dalam unggahannya.

"Saya berharap semakin banyak orang yang peduli dan tergerak menyuarakan isu HIV, sehingga stigma dan diskriminasi dapat kita hapus bagi ODHA," tuturnya lagi.

Diperankan oleh Oka Antara, Della Dartyan, Cynthia Bella & Haydar Salishz, film POSI(+)IF mengisahkan sebuah keluarga: seorang ayah, anak perempuan, dan saudara perempuan yang hidupnya terdampak setelah sang ayah didiagnosis terkena HIV.

Lebih jauh, film pendek ini mengajak para penonton ini memeriksakan diri secara dini, memulai pengobatan, serta melindungi keluarga dari HIV.

Film pendek ini bisa disaksikan melalui channel Youtube UNAIDS Indonesia atau dengan link bit.ly/FilmPOSITIF.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/12/12/111600766/debut-sebagai-sutradara-atiqah-hasiholan-ingin-hapus-stigma-odha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke