Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Musisi Asing Ini Kenalkan Budaya dan Keindahan Indonesia pada Dunia

Keragaman corak yang dimiliki Indonesia tak jarang membuat bangsa asing tertarik. Salah satu kekayaan budaya yang terkenal dari tanah air adalah batik.

Belakangan, banyak musisi dan selebriti asal Korea Selatan kedapatan mengenakan batik. Sebut saja, V dan Suga BTS, Sehun dan Kai EXO, serta Tiffany dari SNSD.

Terbaru, rapper asal Korea Selatan, Jessica Hyun ju Ho menggunakan wayang golek sebagai properti dalam video musik terbarunya bertajuk “Drip”.

Namun, jauh sebelum para musisi Korea Selatan, musisi kenamaan dunia sudah memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia pada dunia. Siapa saja mereka? Berikut di antaranya.

1. Carlos Santana

Gitaris handal asal Amerika Latin ini tampak bangga mengenakan kemeja batik dalam video musik berjudul “Into The Night”.

Berkolaborasi dengan vokalis Nickleback, Chad Kroeger, Santana terlihat mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna hijau.

Kabarnya, Santana memang pencinta batik. Oleh karenanya, jangan heran apabila melihat pria 62 tahun ini kerap mengenakan batik.

2. MLTR

Berbeda dengan Santana, grup musik asal Denmark, Michael Leans To Rock (MLTR) memilih membuat video klip di Bali.

Video Musik dari “Someday’ ternyata menampilkan keindahan pantai Padang Padang sekaligus sekilas kehidupan masyarakat Bali.

3. Kodaline

Pada 2017, ada band Kodaline yang membuat gempar penggemarnya di Indonesia. Lantaran, mereka mengeluarkan video musik yang mengambil latar di tanah air.

Video klip “Ready to Change” mengambil latar sebuah pasar dan perkampungan di Jakarta.

Dalam video musik berdurasi 4,5 menit tersebut, tampak Kodaline berjalan menyusuri pasar dan kampung. Kemudian, tak canggung sesekali vokalis Kodaline, Steve Garrian berinteraksi dengan masyarakat yang dilaluinya.

4. Coldplay

Tak mau ketinggalan, Coldplay juga pernah menampilkan beberapa cuplik budaya Indonesia dalam video musik bertajuk “Amazing Day Global Short Film Project”.

Band asal Inggris ini memasukkan potongan video Tari Sama asal Aceh di detik 1:49, Tari Topeng Malangan dari Malang pada detik 1:57, dan perempuan mengenakan pakaian adat khas Bali di detik 3:49.

Diketahui, video Musik tersebut adalah sebuah proyek khusus yang dibuat Coldplay untuk para penggemarnya.

Jadi, Chris Martin Cs mengajak fansnya untuk mengirimkan video yang menampilkan kejadian apapun di sekitar mereka berdurasi 20 detik.

Kemudian, potongan video tersebut akan disatukan. Hasilnya video musik “Amazing Day Global Short Film Project”.

Sementara itu, dari dalam negeri juga banyak musisi yang memasukkan unsur budaya Indonesia dalam musik maupun video klip mereka. Salah satunya adalah penyanyi Agnez Mo.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/11/03/080800566/deretan-musisi-asing-ini-kenalkan-budaya-dan-keindahan-indonesia-pada-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke