Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Kecil agar Tampak Besar

Kompas.com - 08/06/2023, 20:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di rumah dengan ruang penyimpanan terbatas tentu memiliki tantangan untuk menjaga semuanya tetap rapi, terutama di dapur kecil.

Di dapur, sangat mudah menumpuk barang-barang tambahan, seperti peralatan, perkakas, dan kebutuhan memasak lainnya, tidak peduli seberapa besar ruangan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menata Dapur Kecil yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Namun, dengan mengikuti beberapa trik pengaturan, dapat membuat dapur terlihat tetap luas dan fungsional. Jika Anda merasa dinding dapur sudah tidak muat lagi atau tidak ada cukup ruang untuk semua peralatan memasak, mungkin ini saatnya merapikannya.

Jen Nash, Pemimpin Desain Senior di Magnet, mengatakan untuk membantu dapur tetap tertata, ada beberapa benda yang harus disingkirkan dari dapur kecil guna memberikan ruang lebih banyak. 

Nah, dikutip dari Hunker, Rabu (6/8/2023), berikut enam benda yang harus disingkirkan dari dapur kecil.  

Baca juga: 5 Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih Efisien

Furnitur ruang makan yang besar

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. SHUTTERSTOCK/JANTSARIK Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Jika Anda memiliki meja makan sangat besar, itu berpotensi mengambil lebih banyak ruang di dapur kecil daripada yang diperlukan.

Untungnya, ada beberapa ide meja dapur kecil yang hemat tempat, yang mungkin lebih cocok, seperti meja dengan daun yang bisa digantung atau meja bar.

"Saat tidak digunakan, meja makan ini dapat menghemat ruang lantai yang berharga, tapi tetap menyediakan tempat makan yang nyaman dengan lengan yang bisa dilipat saat waktu makan malam tiba," jelas Nash.

Bisa pula memanfaatkan ruang dinding yang kosong dengan rak apung yang ramping dan beberapa kursi bar berwarna-warni. Ini akan menjadi ruang makan informal yang bagus dengan nuansa seperti tempat sarapan.  

Baca juga: 6 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan di Dapur Kecil

Peralatan dapur sekali pakai dan duplikat 

Selanjutnya, benda yang harus disingkirkan dari dapur kecil adalah peralatan sekali pakai dan duplikat.

Kapan terakhir kali Anda memeriksa peralatan dapur? Sangat mungkin Anda memiliki banyak spatula, sendok, dan gelas ukur, bahkan lebih dari satu.

Singkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan di dapur kecil.

Saat merapikan, perhatikan juga apakah Anda memiliki barang yang hanya sekali pakai dan pertimbangkan seberapa sering menggunakannya.

"Meski Anda juga tergoda berinvestasi pada gadget dapur terbaru, seperti pemotong bagel atau pengiris telur, akan lebih efisien jika membiasakan diri berinvestasi pada barang-barang dapur yang memiliki lebih dari satu kegunaan," imbih Nash. 

Baca juga: 13 Ide Menata Dapur Kecil agar Bebas Berantakan dan Sedap Dipandang

Ubin lantai kecil

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit, kitchen set di dapur kecil.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit, kitchen set di dapur kecil.
Jika memiliki ubin lantai berukuran kecil di dapur, ini akan membuat ruangan terasa lebih kecil darisebenarnya. "Sering kali, orang berpikir ubin lantai kecil di dapur kecil adalah pilihan terbaik karena ukurannya proporsional dengan ruangan," jelas Nash.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com