Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijamin Ampuh, Ini Cara Membasmi Lalat di Luar Ruangan

Kompas.com - 21/05/2023, 08:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim panas adalah saat tepat menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah, seperti teras dan taman. Namun, adanya lalat bisa mengubah segalanya menjadi sangat menjengkelkan.

Baik saat menikmati matahari, makan di luar, maupun ingin membaca buku, serangga ini bisa jadi sulit dihilangkan. Beruntung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat.

Disadur dari Rhythm of the Home, Minggu (21/5/2023), berikut cara membasmi lalat di luar ruangan. 

Baca juga: Cara Membasmi Lalat Buah di Kamar Mandi

 

Periksa kebun 

Ilustrasi lalat.Shutterstock/phol20 Ilustrasi lalat.
Guna menentukan apa yang perlu dilakukan untuk membasmi lalat, penting memahami apa yang menarik serangga ini, seperti tumpukan kompos, tempat sampah, atau peternakan.

Tempat-tempat tersebut merupakan tempat paling menarik bagi lalat dewasa karena mereka bertelur di tempat yang mengandung bahan organik, termasuk tumpahan makanan, area yang kotor, serta kotoran hewan peliharaan.

Jika memiliki bahan yang membusuk atau teras kotor di taman, Anda harus membersihkan area tersebut terlebih dahulu. Apabila tidak, metode membasmi lalat ini hanya akan berhasil untuk waktu singkat. 

Baca juga: 5 Cara Alami Mengusir Lalat dari Rumah

Gunakan umpan lalat

Setelah membersihkan taman, cara membasmi lalat di luar ruangan adalah memastikan menjaganya tetap bersih dengan membuang sampah, kotoran hewan peliharaan, dan bahan-bahan yang membusuk lainnya.

Selanjutnya, menggunakan umpan lalat setiap bulan dengan menebarkannya di sekitar teras dan kebun. Ingatlah, umpan lalat ini beracun bagi hewan peliharaan dan manusia sehingga harus mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan.  

Pasang perangkap lengket

Anda dapat membeli perangkap lengket untuk lalat dalam jumlah besar dan menggantungnya di sekitar kebun di permukaan apa pun, termasuk cabang pohon atau tempat yang biasa Anda melihat ada lalat, seperti sangkar burung.

Perangkap lengket ini akan menangkap lalat yang tersisa dan membantu mengurangi populasinya. Ini menjadi cara membasmi lalat di luar ruangan yang efektif. 

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lalat Rumah yang Perlu Diketahui

Cara menjauhkan lalat dari area di luar ruangan 

Ilustrasi lalat.Shutterstock/annop youngrot Ilustrasi lalat.
Jika memiliki taman yang lebih besar, tanaman beberapa tanaman pengusir lalat, seperti catnip, kemangi, marigold, atau daun salam.

Jika ingin mengusir lalat yang sering hinggap di meja, ganti larutan berbahan kimia dan beracun dengan campuran sabun cuci piring dan cuka.

Ini berfungsi sebagai perangkap yang membasmi lalat, jadi Anda harus mengisi cangkir, menutupinya dengan kertas plastik, dan membuat beberapa lubang kecil agar lalat bisa masuk ke dalam. 

Selain itu, menggunakan lilin dengan sereh yang merupakan minyak suling yang diekstrak dari serai. Anda bisa meletakkan lilin aromatik ini di atas meja, di sekitar taman, bahkan di samping area pemanggang. 

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah

Terakhir, mencampurkan air dengan cabai rawit dan menyemprotkannya di sekitar teras dan beranda. 

Taman, teras, dan meja harus selalu bersih. Lalat tertarik pada tumpahan makanan, sisa-sisa makanan yang lengket, dan bahan organik lainnya, termasuk tempat sampah. Jagalah area ini sebersih mungkin untuk mencegah populasi lalat yang besar. 

Nah, itu dia cara membasmi lalat di luar ruangan dan mencegahnya muncul kembali. Selamat mencoba. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com