BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

3 Hal Berikut Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mesin Cuci Pertama Kali

Kompas.com - 19/05/2023, 14:22 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comMesin cuci merupakan peralatan elektronik yang dapat membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga.

Peralatan elektronik itu juga merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang. Pasalnya, mesin cuci dapat membantu pengguna untuk menghemat energi, air, dan waktu dalam pekerjaan mencuci pakaian.

Saat ini, mesin cuci hadir dengan berbagai varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Setiap merek pun menawarkan berbagai keunggulan, termasuk sejumlah fitur canggih yang dihadirkan. Hal ini bisa cukup membingungkan, terlebih jika Anda baru pertama kali membeli mesin cuci.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Anda sebaiknya mempertimbangkan tiga hal berikut sebelum membeli mesin cuci. Berikut adalah ulasannya.

1. Jenis mesin cuci

Terdapat dua jenis mesin cuci yang umum dijual di pasaran, yakni mesin cuci bukaan atas (top load) dan mesin cuci bukaan depan (front load).

Mesin cuci top load cenderung lebih populer. Pasalnya, jenis ini lebih mudah digunakan ketimbang mesin cuci front load. Oleh sebab itu, mesin cuci top load cocok digunakan bagi pengguna baru.

Sementara itu, mesin cuci front load biasanya memiliki sejumlah inovasi teranyar, seperti steam cycle atau uap panas yang dapat menghilangkan noda dan virus, serta putaran tabung berkecepatan tinggi untuk menghilangkan noda membandel.

Selain dari tipe bukaan, mesin cuci juga dibedakan berdasarkan jumlah tabung, yakni mesin cuci bertabung satu dan dua.

Baca juga: 5 Pertimbangan yang Membuat Mesin Cuci Otomatis Layak Dimiliki

Mesin cuci dua tabung memungkinkan pengguna untuk mencuci dengan air yang tidak berasal dari keran secara langsung. Jadi, pengguna dapat memindahkan air ke mesin cuci menggunakan ember atau alat penampung air lain.

Di sisi lain, mesin cuci satu tabung hanya mampu bekerja saat air secara langsung terkoneksi dari keran ataupun selang. Mesin pun dapat mengatur volume air yang dibutuhkan secara otomatis. Kondisi ini membuat mesin cuci satu tabung membutuhkan air lebih sedikit ketimbang mesin cuci dua tabung.

2. Kapasitas dan ukuran mesin cuci

Sebelum membeli mesin cuci, pastikan kapasitas cucian yang akan ditampung oleh mesin tersebut. Pengguna yang merupakan keluarga dengan anak-anak biasanya memiliki jumlah cucian lebih banyak. Untuk itu, pengguna ini membutuhkan mesin cuci dengan kapasitas besar.

Sementara itu, pengguna lajang atau pasangan dapat menggunakan mesin cuci berkapasitas lebih kecil.

Perlu diketahui, membebani mesin cuci secara berlebihan di luar kapasitas yang disarankan dapat memberi tekanan ekstra pada mesin. Seiring waktu berjalan, kondisi ini akan merusak motor mesin.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini 4 Cara Tepat Bikin Hijab Tetap Terawat, meski Dicuci dengan Mesin

Kapasitas cucian berlebihan juga dapat mengurangi ruang gerak pakaian di dalam air busa. Hal ini membuat cucian tidak bersih.

Pengguna juga harus memperhatikan ukuran atau dimensi mesin cuci sebelum membelinya. Pasalnya, mesin cuci dapat memakan cukup banyak ruang ketimbang sejumlah peralatan rumah tangga lain.

Oleh sebab itu, temukan lokasi tepat untuk menempatkan mesin cuci. Kemudian, pilih ukuran yang sesuai dengan ruangan peletakan mesin cuci untuk memudahkan pergerakan saat mencuci.

3. Fitur

Saat ini, produsen mesin cuci berlomba untuk menghadirkan berbagai fitur unggulan demi memberikan kemudahan mencuci kepada konsumen.

Salah satunya adalah fitur Easy to Access yang terdapat pada mesin cuci top loading Zeromatic Laguna dari Polytron.

Fitur Easy to Access dapat memudahkan Anda dalam mencuci berbagai macam pakaian karena adanya desain tombol yang lengkap pada mesin cuci Zeromatic Laguna.

Selain itu, mesin cuci Zeromatic Laguna memiliki fitur Ultra Clean Plus with Turbo Mix. Fitur ini dapat melakukan pencampuran sempurna antara detergen dengan air sehingga detergen lebih larut dan tidak meninggalkan bekas residu pakaian ketika selesai mencuci. Pakaian pun menjadi lebih bersih tanpa noda.

Baca juga: Jangan Salah, Beda Bahan Pakaian Beda Juga Cara Mencucinya

Tak hanya itu, mesin cuci satu tabung tersebut juga mengandalkan fitur Aroma Boost yang dapat mengendalikan konsumsi pelembut pakaian atau softener secara efisien. Dengan fitur ini, pengeluaran softener hanya dilakukan pada pembilasan sehingga pakaian akan lebih lembut dan wangi.

Fitur Multi Program Washing yang terdapat pada mesin cuci Zeromatic Laguna juga dapat memudahkan Anda dalam mencuci berbagai macam jenis bahan pakaian, mulai dari jeans, hijab, batik, hingga wool.

Mesin cuci Zeromatic Laguna juga mengunggulkan fitur Ultra Dry. Fitur ini dapat menjadi penyelamat ketika cuaca sedang tak bersahabat. Pasalnya, fitur ini dapat membuat hasil cucian berada dalam kondisi kering 70 persen sehingga menghemat waktu penjemuran.

Polytron Zeromatic Laguna Series.Polytron Polytron Zeromatic Laguna Series.

Selain itu, mesin cuci otomatis tersebut pun telah menggunakan teknologi tempered glass door untuk memberikan kesan mewah pada desainnya. Bagian pintu mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur soft closing agar dapat tertutup secara perlahan.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Polytron Zeromatic Laguna dapat menjadi jawaban bagi pengguna yang ingin memiliki mesin cuci pertama.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Zeromatic Laguna, Anda bisa mengunjungi laman resmi Polytron dan official store Polytron di e-commerce kesayangan.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com