Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Gantung yang Cocok untuk Dekorasi Dalam dan Luar Ruangan

Kompas.com - 19/05/2023, 09:46 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan tanaman gantung atau tanaman hias yang ditanam di pot gantung menjadi salah salah satu pilihan dalam mendekorasi rumah.

Tanaman gantung cocok untuk memanfaatkan ruang vertikal di rumah dengan lahan terbatas. Namun, tidak semua tanaman cocok ditanam di pot gantung.

Baca juga: 5 Tanaman Gantung di Dalam Ruangan yang Dapat Menjernihkan Udara

Lauri Kranz dari Edible Gardens LA mengatakan tanaman yang sangat berat atau tumbuh sangat tinggi tidak dimaksudkan untuk ditempatkan di pot gantung. 

Dikutip dari Martha Stewart, Jumat (19/5/2023), berikut sejumlah pilihan tanaman hias yang cocok ditanam di pot gantung untuk dekorasi dalam dan luar ruangan

String of pearls

Ilustrasi tanaman hias string of pearls.Shutterstock/DimaBerlin Ilustrasi tanaman hias string of pearls.
Jika sering bepergian untuk bekerja, tanaman string of pearls cocok untuk Anda. Kranz mengatakan tanaman sukulen ini hanya membutuhkan sedikit air dibanding tanaman lain dalam daftar ini.

Manik-manik yang menggantung pada tanaman  membutuhkan cukup banyak sinar matahari langsung. Jika menempatkannya dalam kondisi  tepat, tanaman string of pearls dapat menghasilkan bunga.

Baca juga: 7 Tanaman Gantung Populer untuk Diletakkan di Teras Rumah

Philodendron

Philodendron dikenal sebagai tanaman yang cepat tumbuh dan dapatmeningkatkan kualitas udara di ruangan. 

Tanaman hias ini sangat mudah beradaptasi, dapat tumbuh dalam cahaya redup, dan tidak perlu sering disiram.

String of heart

Tanaman merambat ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung. String of heart tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung dan lebih suka mengering di sela-sela penyiraman.

Anda bisa mengatur tanaman merambat di sekitar jendela atau pada berbagai benda.

Baca juga: 8 Tanaman Gantung Indoor yang Cocok untuk Interior Rumah

Pothos satin

Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading. Shutterstock/Firn Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading.
Varietas pothos satin sangat tahan lama, membutuhkan cahaya rendah, dan dapat bertahan di tanah kering jika penyiraman jarang dilakukan.

Namun, jika disiram dengan baik, tanaman merambat ini akan tumbuh hingga daun-daunnya memenuhi pot gantung dan menjalar ke ruang. 

Pakis boston

Tanaman dengan daun lebat Ini adalah salah satu tanaman hias yang paling umum. Pakis Boston mudah dirawat, tumbuh subur baik di dalam dan luar ruangan.

Kranz mengatakan, ruang terbuka mungkin yang terbaik untuk tanaman ini karena tanaman ini membutuhkan penyiraman yang banyak dan tanah yang lembap.

Baca juga: Simak, Hama yang Sering Menyerang Tanaman Pakis Boston

Peperomia

Ada banyak spesies peperomia yang bisa dipilih, tapi Kranz menyarankan peperomia angulata untuk pot gantung luar ruangan.

Tanaman ini menyukai tanah kering, tapi hati-hati dengan hama yang suka menggali tanaman ini, termasuk tungau laba-laba dan kutu putih.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Peperomia agar Tetap Segar dan Cantik

Oxaliz triangularis

Daun tanaman oxaliz triangularis menutup pada malam hari saat sinar matahari memudar. Kranz mengatakan, tanaman cantik ini sangat bagus untuk beranda dan halaman belakang rumah yang teduh. Siram tanaman Oxaliz triangularis secukupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com