Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Ada Masalah Jamur di Rumah yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 11/05/2023, 15:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur adalah salah satu masalah yang mengkhawatirkan di rumah. Munculnya jamur dapat dikenali dari adanya noda hitam di dinding atau langit-langit, bay tidak sedap, dan gangguan kesehatan.

Meskipun ada beberapa tanda yang dapat dilihat terkait munculnya jamur di rumah, ada pula beberapa tanda yang lebih tersembunyi dan mungkin tidak terlihat.

Namun hal pertama yang pertama, jika Anda sudah melihat jamur di rumah Anda, inilah saatnya untuk serius, kata Dee Carter, profesor mikrobiologi di University of Sydney, dikutip dari Home Beautiful, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Karet Pintu Mesin Cuci Bukaan Depan

Ilustrasi jamur di dinding, dinding berjamur. SHUTTERSTOCK/ADAM RADOSAVLJEVIC Ilustrasi jamur di dinding, dinding berjamur.

Carter menganggap jamur yang terlihat berpotensi berbahaya karena dapat tumbuh dengan cepat dan menyebarkan spora.

Spora yang tidak terlihat ini dapat memindahkan masalah jamur ke area lain di rumah, dan bahkan dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Colin Jones, pakar kategori di Appliances Online mengatakan hanya karena Anda tidak dapat melihat jamur, bukan berarti jamur tidak ada.

Tidak hanya beberapa jamur tidak terlihat, Anda mungkin tidak tahu di mana jamur tumbuh jika berada di tempat yang tinggi atau tersembunyi, tutur Jones.

Baca juga: Cara Mencegah Jamur di Kamar Mandi Selama Musim Kemarau dan Hujan

Berikut beberapa tanda ada masalah jamur di rumah yang perlu diwaspadai.

1. Bau

Jika menyangkut jamur tersembunyi, percayalah pada hidung Anda. Baunya yang khas akan memberi tahu Anda bahwa ada jamur, tutur Carter.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com