Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 16:12 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Rice cooker merupakan peralatan dapur yang digunakan setiap hari untuk memasak nasi lebih mudah sekaligus menghangatkannya. 

Namun, seiring waktu dan penggunaan, rice cooker dapat menjadi kotor karena sisa-sisa nasi. Hal ini juag bisa membuat rice cooker menjadi berbau tak sedap.

Baca juga: Cara Mengatasi Rice Cooker yang Bau dan Membuat Nasi Cepat Basi

Panci selalu dibersihkan setiap kali akan menanak nasi. Namun, terkadang lupa membersihkan rice cooker secara menyeluruh. 

Untungnya, membersihkan rice cooker tidak sulit dilakukan. Dilansir dari The Spruce, Rabu (10/5/2023), berikut cara membersihkan rice cooker dengan benar.

Ilustrasi rice cooker. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker.
Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Spons non-abrasif.
  • Kain mikrofiber.
  • Lap pengering.
    Sabun pencuci piring.
    Pembersih serbaguna

Baca juga: Berapa Lama Sebaiknya Menghangatkan Nasi di Rice Cooker?

Cara membersihkan rice cooker

Sebelum mulai membersihkan rice cooker, sebaiknya membaca buku manual terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada instruksi khusus untuk perangkat Anda.

Mulailah mencabut kabel daya rice cooker, biarkan hingga benar-benar dingin, dan jaga komponen listrik dari sabun dan air yang digunakan.

  • Lepaskan bagian-bagian alat

Untuk membersihkan rice cooker, lepaskan bagian-bagiannya dan mencucinya satu per satu. Pastikan memberi waktu setidaknya 30 menit untuk mendinginkan hot plate, lalu lepaskan panci bagian dalam, dan letakkan di wastafel atau ember yang berisi air sabun panas.

Baca juga: Rice Cooker Bau? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Rendam dalam sabun

Biarkan panci terendam sekitar 20 menit jika sisa-sisa nasi benar-benar melekat. Anda mungkin perlu menyesuaikan waktu perendaman, tergantung dari seberapa banyak nasi yang tersangkut di dalam panci.

  • Bersihkan dengan spons non-abrasif

Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.
Setelah merendam panci bagian dalam, gunakan spons non-abrasif untuk menggosok nasi yang menempel dengan lembut.

Jika sisa-sisa nasi sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan spatula plastik atau karet untuk mencungkil sisa-sisa makanan yang membandel. 

Hindari menggunakan peralatan logam saat mengikis sisa nasi yang menempel karena dapat merusak permukaan alat. Setelah selesai mencuci, bilas dan seka dengan lap kering.

Baca juga: Penyebab Nasi Lengket di Rice Cooker dan Cara Mencegahnya

  • Lepaskan tutup dan bersihkan

Jika rice cooker memiliki penutup yang dapat dilepas, lepaskan dan bersihkan secara perlahan dengan spons serta air sabun.

Setelah selesai, seka dengan kain mikrofiber basah untuk menghilangkan buih. Setelah itu, Anda dapat mengembalikan tutup dan bagian dalamnya. 

  • Bersihkan bagian luar rice cooker

Ambil pembersih serbaguna favorit Anda. Anda juga dapat membuat larutan pembersih sendiri dengan cara mencampurkan satu bagian air dan satu bagian cuka putih ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprot bagian luar rice cooker secara menyeluruh, lalu seka dengan kain mikrofiber. Berhati-hatilah dengan komponen listrik rice cooker dan hindari membasahinya.

Baca juga: Ketahui, 6 Penyebab Rice Cooker Bau

Tips menjaga kebersihan rice cooker

1. Lakukan membersihkan rice cooker setiap kali selesai digunakan. Selain membuat proses pembersihan lebih mudah, hal ini akan membuatnya bekerja lebih efisien.

2. Jangan menggunakan sabut baja, peralatan logam, atau apa pun yang bersifat sangat abrasif pada rice cooker. Hal ini akan menggores perangkat keras dan merusak alat.

3. Berhati-hatilah nasi tidak terlalu matang. Menggunakan metode memasak yang baik adalah bentuk pertahanan terbaik untuk mencegah penanak nasi lengket dan berkerak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com