Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Atas Kulkas

Kompas.com - 20/04/2023, 10:35 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat menyegarkan berbagai ruangan dan permukaan yang kosong di rumah, termasuk bagian atas kulkas.

Namun, Anda perlu memilih tanaman yang dapat hidup di atas kulkas dengan baik. Sebab, bagian atas kulkas mengeluarkan udara hangat yang dapat membuat tanaman layu. 

Dilansir dari All About Gardening, Kamis (20/4/2023), berikut beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan di atas kulkas.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Dapur, Apa Saja?

Lidah buaya

Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam ruangan.
Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman sukulen populer yang dikenal dengan daunnya yang meruncing serta gelnya yang memiliki khasiat penyembuhan.

Tanaman ini tumbuh sangat cepat dan dapat mencapai ukuran dewasa dalam waktu kurang dari lima tahun.

Lidah buaya lebih menyukai udara hangat dan tidak perlu sering menyiramnya. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan menoleransi berbagai jenis sinar matahari.

Hal ini membuatnya menjadi tanaman yang bagus untuk diletakkan di bagian atas kulkas. 

Baca juga: Menyiram Tanaman Lidah Buaya, Sebaiknya dari Atas atau Bawah?

Areca palm

Tanaman ini memiliki pelepah yang sempit dan jumlah daun yang banyak. Areca palm adalah tanaman yang stabil, tetapi tumbuh lambat.

Pastikan tanaman memiliki drainase baik dengan menyiramnya secara teratur. Perhatikan tanah untuk memastikan areca palm mendapat air setiap kali terlihat kering.

Arrowhead plant

Arrowhead plant tumbuh baik di berbagai lingkungan, termasuk di atas kulkas. Tanaman yang bisa merambat dengan indah ini cocok dengan kondisi pertumbuhan berbeda dan tahan terhadap perubahan suhu yang sering terjadi di dapur.

Baca juga: Cara Merawat Syngonium, Tanaman Hias Daun yang Cantik

Bromeliad

Ilustrasi tanaman hias bromeliad.SHUTTERSTOCK/OLIVER HOFFMANN Ilustrasi tanaman hias bromeliad.
Bromeliad tersedia dalam beberapa ukuran dan warna. Pilih bromeliad jika Anda ingin terdapat sedikit warna di atas kulkas.

Tanaman ini bisa berwarna merah, oranye, kuning, hijau, dan ungu. Bromeliad tidak tumbuh cepat sehingga Anda tidak perlu khawatir umeletakkan tanaman besar di atas kulkas Anda.

Chinese evergreen

Chinese evergreen adalah tanaman hias yang cocok diletakkan di atas kulkas. Kebanyakan Chinese evergreen tumbuh baik pada kondisi hangat dan lembap.

Perhatikan varietas yang Anda miliki karena beberapa varietas membutuhkan lebih banyak sinar matahari daripada yang lain.

Baca juga: 14 Jenis Aglonema yang Bisa Dijadikan Koleksi

Dragon tree

Heartleaf philodendronJeanyn Santiano Heartleaf philodendron
Pilih tanaman ini jika Anda mencari tanaman besar untuk bagian atas kulkas. Dragin tree dapat tumbuh sangat tinggi, tapi membutuhkan waktu karena pertumbuhannya yang lambat.

Dragon tree tumbuh baik tanpa banyak sentuhan selama ada sinar matahari dan sedikit kelembapan. Namun, sinar matahari langsung tidak diperlukan.

Tanaman ini bisa mulai condong ke arah matahari, jadi Anda harus memutarnya sembilan puluh derajat selama teratur.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan Bergaya Skandinavia

Heartleaf philodendron

Dikenal karena daunnya yang berbentuk hati, philodendron menjadi tanaman hias yang cantik untuk setiap rumah.

Tanaman ini tumbuh baik jika bagian atas kulkas mendapatkan banyak sinar matahari tidak langsung. Terlepas dari kebutuhan ini, sebagian besar jenis philodendron, termasuk heartleaf cukup mudah dirawat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com