Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Petai atau pete adalah salah satu bahan dalam masakan Indonesia dan Asia Tenggara. Petai banyak ditemukan di masakan Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Laos, Brunei, dan India.

Petai memiliki rasa dan aroma yang khas. Akan tetapi, ciri khas petai yang paling mudah dikenali adalah aromanya yang menyengat, menusuk, dan tahan lama.

Makan, memasak, atau mengolah petai akan meninggalkan rumah, pakaian, tangan, napas, dan bahkan air seni berbau yang melekat.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

Ilustrasi petai. Petai atau pete memiliki nama latin Parkia speciosa Hassk, merupakan tanaman asli Asia, terutama di Asia Tenggara. Petai telah dikenal di kalangan orang Indonesia, Malaysia dan Singapura, terkadang jadi makanan pendamping favorit, baik dimakan mentah atau dimasak.SHUTTERSTOCK/ZahyMaulana Ilustrasi petai. Petai atau pete memiliki nama latin Parkia speciosa Hassk, merupakan tanaman asli Asia, terutama di Asia Tenggara. Petai telah dikenal di kalangan orang Indonesia, Malaysia dan Singapura, terkadang jadi makanan pendamping favorit, baik dimakan mentah atau dimasak.

Namun demikian, jangan khawatir jika Anda baru saja atau akan memasak makanan dengan petai. Ada beberapa cara menghilangkan bau petai di dapur dan di rumah secara alami.

Dikutip dari Odor Answers, Sabtu (1/4/2023), berikut beberapa cara menghilangkan bau pete atau petai di dapur dan di rumah dengan bahan-bahan alami.

1. Daun pandan

Daun pandan bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan bau petai di dapur dan di rumah. Daun pandan yang sangat harum terutama digunakan sebagai bahan pengental atau penambah rasa.

Namun, daun pandan juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Sendok Kayu

Ketika daun pandan segar disimpan dalam tandan atau simpul yang rapat, perlahan-lahan mereka mengeluarkan aroma harum dan manis yang menyenangkan yang pada akhirnya dapat mengurangi bau petai yang lebih menyengat.

2. Ampas kopi

Kopi yang baru diseduh merupakan salah satu zat paling aromatik yang dikenal manusia, dan tentunya bisa membantu Anda menghilangkan bau petai. Selain itu, Anda tidak perlu menyeduh kopi setiap kali Anda menangani atau memasak petai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com