Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Wallpaper untuk Setiap Ruangan di Rumah

Kompas.com - 23/03/2023, 08:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Wallpaper telah menjadi elemen dekorasi yang penting dan tak tergantikan di banyak rumah karena kemudahan penggunaan dan harganya yang murah.

Namun, tidak semua wallpaper memiliki karakteristik sama dan cocok untuk setiap ruangan. Misalnya, kamar tidur dan kamar mandi membutuhkan wallpaper berbeda. Wallpaper kamar mandi harus mampu menahan air dan kelembapan. 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara memilih wallpaper terbaik untuk setiap ruangan di rumah. Dikutip dari Decor Tips, Kamis (23/3/2023), berikut beberapa panduan memilih wallpaper untuk setiap ruangan. 

Baca juga: Wallpaper Kotor? Ini Cara Membersihkannya

Wallpaper kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi dengan wallpaper. Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi kamar mandi dengan wallpaper.
Ubin selalu menjadi elemen desain paling populer untuk dinding kamar mandi. Namun, orang biasanya tidak terlalu sering menggantinya karena harganya mahal dan biasya pemasangannya yang besar. 

Dengan munculnya wallpaper, kamar mandi sekarang dapat direnovasi lebih sering karena jenis dekorasi dinding ini jauh lebih ekonomis dan mudah dilakukan.

Karena kamar mandi terpapar begitu banyak kelembapan dan air, wallpaper dengan karakteristik terbaik adalah kertas vinil. Kertas ini tahan terhadap kelembapan, kondensasi, dan panas.

Selain itu, wallpaper kertas vinil sangat mudah merawatnya. Berbagai macam kombinasi dan bentuk yang dapat ditutupi wallpaper ini berarti Anda dapat memainkannya untuk menciptakan ruang yang lebih besar atau elegan, tergantung pada karakteristik kamar mandi. 

Baca juga: Ingin Memasang Wallpaper di Ruang Keluarga? Perhatikan Hal Ini Dulu

Wallpaper kamar tidur 

Kamar tidur menjadi ruangan di rumah yang paling sering menggunakan wallpaper. Seperti yang kami katakan sebelumnya, variasi warna, kombinasi, dan bentuk yang menakjubkan akan membantu Anda menemukan yang sesuai dengan selera pribadi serta ruangan. 

Ini juga merupakan cara ideal mendekorasi kamar tidur anak karena anak-anak menyukai desain dan gambarnya. Wallpaper kamar tidur yang mudah dirawat dan dijaga kebersihannya merupakan keuntungan besar serta membuat ruangan terasa segar dan baru.

Jumlah ruang yang dimiliki akan mempengaruhi keputusan yang Anda buat saat memilih wallpaper. Warna wallpaper yang lebih terang akan membuat kamar tidur terasa lebih luas, sementara warna lebih gelap memberikan efek sebaliknya.

Jika menggunakan wallpaper dengan gambar sangat besar atau banyak kombinasi warna, maka ada dua alternatif.

Pertama, menggunakan wallpaper pada satu dinding saja. Kedua, dekor ruangan lainnya dengan cara sangat sederhana dan polos. Hal ini akan membantu ruangan agar tidak terasa terlalu penuh. 

Baca juga: 5 Tren Wallpaper yang Bakal Populer pada 2023

Wallpaper vinil untuk dapur 

Salah satu cara paling orisinil dan menyenangkan untuk mendekorasi area rumah yang linier seperti dapur adalah menggunakan wallpaper.

Sama dengan kamar mandi, kertas vinil adalah pilihan terbaik untuk area rumah yang sering kali lembap dan panas setiap hari karena aktivitas yang Anda lakukan di dalamnya. 

Baca juga: Ini Warna Cat dan Wallpaper yang Bakal Populer pada 2023

Wallpaper ruang keluarga 

Ilustrasi wallpaper di ruang keluarga.Shutterstock/alexandre zveiger Ilustrasi wallpaper di ruang keluarga.
Selain kamar tidur, ruangan yang paling sering menggunakan wallpaper tidak diragukan lagi adalah ruang keluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com