Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kucing Bobcat, Bisakah Dijadikan Hewan Peliharaan?

Kompas.com - 17/03/2023, 11:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebagian besar dari Anda belum banyak yang tahu tentang bobcat.

Bobcat adalah kucing hutan yang memiliki ukuran hampir sama dengan kucing domestik umumnya. Bobcat berasal dari Amerika Utara yang hidup di beberapa bagian Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kucing Liar Naik ke Atap Rumah

Bobcat adalah hewan pendiam yang menjauh dari manusia, tetapi terkadang Anda bisa melihatnya berkeliaran di pinggiran kota. 

Meski demikian, para ahli tidak menyarankan mencoba menjinakkan kucing bobcat Lantas, bagaiamana dengan memeliharanya. Bisakah menjadi kucing bobcat sebagai hewan peliharaan

Ukuran dan penampilan

Ilustrasi kucing bobcat.Shutterstock/Rachel Portwood Ilustrasi kucing bobcat.
Bobcat umumnya memiliki bulu berwarna coklat hingga coklat keabu-abuan dengan bintik-bintik atau garis-garis hitam. Namun, bulu kucing liar ini bervariasi.

Kucing bobcat juga terkenal dengan telinga yang panjang dan runcing serta ekor pendek. Ujung telinga bobcat berwarna hitam. Wajah bobcat terlihat lebar karena bulunya yang halus dan memanjang hingga melewati telinganya.

Selain itu, wajahnya terlihat menonjol karena memiliki bulu berwarna putih pucat di dagu, bibir, dan bagian bawahnya. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik Kucing Norwegian Forest, Hampir Punah dan Cerita Mitos

Menariknya, warna bulu bobcat tergantung pada tempat tinggalnya karena berfungsi sebagai kamuflase. Sebagai contoh, kucing bobcat di barat daya memiliki bulu terang, sementara bobcat di daerah utara yang berhutan lebat memiliki bulu paling gelap.

Meski tidak umum, beberapa kucing bocat terlahir dengan warna hitam sepenuhnya dengan beberapa bintik-bintik. 

Ukuran kucing bobcat dewasa tidak terlalu besar. Rata-rata, kucing bobcat dewasa memiliki panjang sekitar 45-124 sentimeter dengan panjang ekor sekitar 8,8-20 sentimeter. Tinggi bobcat dewasa mencapai 30-60 sentimeter.

Bobcat betina sedikit lebih kecil dari jantan, tetapi beratnya lebih besar. Bobcat betina memiliki berat sekitar enam kilogram, tetapi beratnya bisa berkisar antara 3,9-14 kilogram. 

Sebaliknya, kucing bobcat jantan memiliki berat sekitar 9,5 kilogram, tetapi beratnya bisa berkisar antara 6,3-18 kilogram. Bobcat terbesar yang telah dikonfirmasi memiliki berat 49 kilogram, tetapi beberapa orang telah melaporkan (secara tidak resmi) ada yang beratnya mencapai 60 kilogram. 

Baca juga: Cara Ini Bisa Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan di Halaman

Pola makan

Ilustrasi kucing bobcat berkeliaran di jalanan.Shutterstock/BGSmith Ilustrasi kucing bobcat berkeliaran di jalanan.
Bobcat adalah kucing pemburu, tetapi dapat bertahan hidup dalam waktu lama tanpa makanan atau air ketika kondisi tertentu muncul.

Ketika mangsa melimpah, kucing bobcat akan makan banyak, yang membantunya ketika tidak ada cukup makanan, khususnya saat cuaca dingin.

Bobcat umumnya berburu mamalia dengan berat antara 1,5 hingga 12,5 kilogram. Bobcat menangkap mamalia yang lebih besar dan memakannya secara perlahan.

Halaman:
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com