Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Daun Tanaman Lemon Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 08/03/2023, 13:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon memiliki banyak khasiat, dari kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan, diolah menjadi minuman segar, hingga membersihkan rumah.

Tak heran, lemon menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak ditanam. Namun, ketika menanam lemon, ada sejumlah permasalahan yang dihadapi, salah satunya daun tanaman menguning. 

Baca juga: Cara Budidaya Lemon agar Berbuah Lebat dan Cepat Panen

Dedaunan tanaman lemon yang menguning bisa mengindikasikan ada sejumlah masalah. Daun tanaman lemon menguning ketika tanaman mengalami perubahan besar dalam asupan nutrisi.

Hal ini bisa berarti bahwa tanaman lemon memiliki parasit atau mengindikasikan perlunya teknik pemberian makan yang lebih baik. Untungnya, masalah ini bisa diatasi, asalkan segera menanganinya. 

Nah, dilansir dari Gardening Know How, Rabu (8/3/2023), berikut beberapa penyebab daun tanaman lemon menguning dan cara mengatasinya.  

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Menyebabkan Daun Pohon Lemon Rontok

Perubahan musim 

Ilustrasi tanaman lemon, pohon lemon. PIXABAY/RALPHS_FOTOS Ilustrasi tanaman lemon, pohon lemon.
Banyak lemon saat ini dicangkokkan pada batang bawah yang sudah gugur, yang berarti akan dipaksa oleh inangnya untuk hibernasi selama musim dingin.

Ketika batang bawah mulai memasuki musim dingin, hal ini akan mengurangi aliran nutrisi ke daun. Akibatnya, daun tanaman lemon menguning dan rontok.

Jangan khawatir, ini adalah kejadian alami dan tidak berarti ada yang salah dengan tanaman lemon. 

Terkadang, daun kuning muncul setelah meletakkan pohon lemon di luar pada musim semi atau musim panas atau setelah hari yang sangat cerah.

Jika daun tiba-tiba berwarna kuning hingga putih, itu berarti kemungkinan terbakar sinar matahari. Selama masih ada daun sehat lainnya yang tersisa, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Biarkan daun yang terkena dampak di tempatnya. 

 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Lemon di Pot

Penyiraman berlebihan

Penyiraman berlebihan adalah hal yang sangat dibenci tanaman. Ini menjadi penyebab daun tanaman lemon menguning. 

Ketika tanaman yang tidak berasal dari rawa, seperti lemon, terus-menerus dibiarkan terendam air, akarnya bisa membusuk, bahkan terkadang seluruh bagian tanaman.

Ketika hal ini terjadi, sulit bagi tanaman untuk terus menarik nutrisi dari tanah sehingga perlahan-lahan mulai menguning dan mengering.

Jika Anda secara rutin membiarkan tanaman lemon berada di dalam cawan yang penuh dengan air atau drainase di sekitar pohon tidak baik, gali di sekitar akarnya untuk memeriksa kesehatannya.

Akar yang berwarna putih dan kokoh berarti semuanya baik-baik saja, sedangkan akar yang berwarna coklat, hitam, atau berlendir berarti busuk akar adalah penyebabnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com