Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2023, 19:25 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keset berfungsi mencegah kotoran dari luar masuk ke rumah. Tak heran, keset sering kali kotor dan menampung debu serta bakteri. 

Namun, benda yang diletakkan di dekat pintu masuk ini kerap terlupakan dibersihkan. Padahal, membersihkan keset penting dilakukan secara teratur.

Jika tidak, kotoran dan debu dapat membuat keset tidak berfungsi efektif.  Dilansir dari House Digest, Kamis (9/2/2023), berikut cara membersihkan keset. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Keset Kamar Mandi?

Pertimbangkan bahan keset

Ilustrasi keset.Shutterstock/andrewtnee Ilustrasi keset.
Tidak semua bahan keset dapat ditangani dengan cara sama. Pastikan cara terbaik  membersihkan keset dari debu dan kotorannya sebelum menggunakan produk apa pun.

Langkah pertama adalah memeriksa bahan keset terlebih dahulu. Sebagian besar keset modern berisi tumpukan sintetis dengan dasar karet atau vinil.

Periksa label jika ada, apakah bahan tersebut dapat masuk ke mesin cuci dan dibersihkan dengan detergen.

Baca juga: Tanda Keset Pintu Masuk Rumah Harus Segera Diganti

Singkirkan kotoran

Setelah itu, goyangkan keset di luar rumah atau memukulkannya di trotoar atau permukaan luar ruangan lainnya. Selanjutnya, gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu atau pembersihan lebih lanjut.

Gunakan soda kue untuk menghilangkan bau

Setelah selesai menyedot debu dan sebagian besar debu serta kotoran hilang, taburkan baking soda di atas keset. Gunakan sikat gosok atau sapu untuk menyapunya ke dalam serat, lalu biarkan meresap selama beberapa menit.

Jika bahan keset tidak rusak karena air, bilas dengan selang. Tekanan air dari selang akan menghilangkan penumpukan kotoran pada keset. 

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Diketahui Dalam Membersihkan Keset

Gunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda

Terkadang, penyedot debu, sapu, dan baking soda tidak dapat menghilangkan noda yang membandel. Untuk membersihkannya, gunakan campuran sabun cuci piring dan air.

Pertama, gosok area noda dengan campuran sabun cuci piring dan air, sikat, lalu biarkan selama lima hingga 10 menit agar meresap.

Bilas sampai semua gelembung hilang, kemudian jemur keset di tali jemuran atau atas pagar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com