Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ikan Tetra Buenos Aires yang Bisa Hidup dengan Ragam Kondisi

Kompas.com - 31/01/2023, 13:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan tetra Buenos Aires merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer karena sifatnya yang tahan banting dan mudah dirawat.

Ikan tetra Buenos Aires ini pernah dijual dalam jumlah besar. Namun, karena kecenderungannya memakan tanaman akuarium, ikan ini menjadi kurang populer selama bertahun-tahun. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Ikan Mas Koki, Peliharaan Presiden AS dan Bisa Dilatih

Sebagian besar spesies ikan tetra Buenos Aires dibesarkan di penangkaran dari peternakan ikan komersial di Florida, Amerika Serikat. 

Untuk mengenal lebih jauh, berikut sejumlah hal tentang ikan tetra Buenos Aires dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (31/1/2023). 

Asal dan distribusi

Ilustrasi ikan tetra Buenos Aires.Shutterstock/Dany Kurniawan Ilustrasi ikan tetra Buenos Aires.
Sesuai dengan namanya, ikan tetra Buenos Aires berasal dari ibu kota Argentina, juara Piala Dunia 2022 dan negara asal super mega bintang sepak bola Lionel Messi

Kota ini terletak di pantai barat Río de la Plata, yang terletak di sepanjang garis pantai tenggara Amerika Selatan.

Dianggap sebagai sungai oleh sebagian orang dan teluk oleh sebagian lainnya, Río de la Plata dibentuk oleh pertemuan Sungai Paraná dan Sungai Uruguay, yang keduanya merupakan rumah bagi ikan tetra Buenos Aires.

Di alam liar, ikan ini juga ditemukan di sungai, kolam, dan danau, dan aliran air. Ikan tetra Buenos Aires adalah ikan air tawar dan tidak hidup dengan baik di perairan yang sangat asin atau tercemar. 

Baca juga: 5 Jenis Ikan Neon Tetra yang Cocok Dipelihara Pemula

Warna dan tanda

Ikan tetra Buenos Aires adalah salah satu ikan tetra yang lebih besar karena dapat tumbuh hingga hampir 7,6 sentimeter.

Ikan tetra Buenos Aires memiliki tubuh berwarna keperakan dengan garis biru sempit yang dimulai di belakang insang dan berakhir di sirip ekor (ekor) yang terdapat bintik hitam berbentuk berlian.

Siripnya berwarna oranye-merah dan percikan warna merah terlihat di bagian atas mata. Beberapa variasi warna telah dikembangbiakkan, termasuk yang memiliki ekor kuning dan ada juga variasi albino.  

Baca juga: 11 Fakta Menarik Ikan Neon Tetra, Berasal dari Sungai Amazon

Perbedaan jenis kelamin

Ilustrasi ikan tetra Buenos Aires. Shutterstock/Dany Kurniawan Ilustrasi ikan tetra Buenos Aires.
Ikan jantan dari spesies ini memiliki sirip lebih cerah dan merah dan umumnya lebih berwarna secara keseluruhan, terutama selama bertelur. Sementara ikan tetra Buenos Aires betina lebih besar serta lebar dengan perut lebih bulat.

Jenis ikan yang bisa hidup dengan tetra Buenos Aires 

Ikan tetra Buenos Aires adalah ikan sosial yang berenang dalam kelompok. Meski spesies tetra ini umumnya damai, hindari memelihara ikan tetra Buenos Aires dengan ikan yang lebih kecil seperti neon tetra.

Selain itu, hindari memelihara bersama ikan bersirip panjang seperti cupang dan angelfish karena ikan tetra Buenos Aires akan menggigit sirip ikan yang panjang.

Ikan tetra Buenos Aires cocok dengan tetra berukuran lebih besar seperti black widow atau serpae tetra, ikan barbs, danios, gurami, dan ikan pelangi. Ikan yang tinggal di dasar juga merupakan teman yang baik untuk ikan tetra Buenos Aires. 

Baca juga: 9 Jenis Ikan Neon Tetra Berwarna Unik, Ada yang Bermata Merah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com