Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 15:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel dapur dan kamar mandi harus terbebas dari semua penumpukan kotoran guna mengalirkan air dengan baik.

Akan tetapi, hal ini sulit dihindari karena ada banyak minyak, makanan, rambut, dan residu sabun yang menumpuk, yang menyebabkan wastafel tersumbat.  

Baca juga: Barang yang Tak Boleh Diletakkan di Bawah Wastafel dan Bak Cuci Piring

Proses penyumbatan wastafel dapur dan kamar mandi sering kali bertahap sehingga baru menyadarinya ketika penyumbatan telah mengeras.

Mengabaikan wastafel yang tersumbat dapat memperburuk keadaan sehingga perlu melakukan tindakan cepat untuk mengatasinya. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (19/1/2023), berikut beberapa cara mengatasi wastafel dapur dan kamar mandi yang tersumbat.  

Baca juga: Catat, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Wastafel Dapur

Air mendidih

Ilustrasi cara membuat air cepat mendidih PIXABAY/THREE-SHOTS Ilustrasi cara membuat air cepat mendidih
Ben Chalk, Manajer Konstruksi GIR Service, mengatakan air mendidih adalah solusi tercepat mengatasi wastafel yang tersumbat oleh rambut, minyak, dan residu sabun. 

Caranya, masak air hingga mendidih, lalu tuangkan air langsung ke lubang pembuangan wastafel. 

Selanjutnya, nyalakan keran air untuk melihat apakah air mengalir. Jika saluran pembuangan masih mengalir lambat atau terumbar, ulangi prosesnya kembali lagi.  

Baca juga: 5 Material Terbaik Wastafel Dapur dan Plus Minusnya

Baking soda 

Baking soda dapat digunakan untuk mengatasi wastafel yang tersumbat selalu menghilangkan bau. Selain itu, membersihan wastafel secara teratur dengan baking soda dapat membantu mencegah lemak dan sisa makanan yang menyebabkan wastafel tersumbat

Caranya, campurkan 240 mililiter baking soda dengan 240 mililiter cuka putih, lalu tuangkan ke wastafel. Tambahkan perasan sabun cuci piring untuk daya penghilang minyak ekstra dan siram dengan air mengalir.   

Baca juga: Cara Mengatasi Wastafel Kamar Mandi yang Tersumbat Pasta Gigi 

Cara mencegah wastafel tersumbat

Cara efektif mencegah wastafel tersumbat adalah hindari membuang sisa-sisa makanan ke wastafel. Hanya cairan yang boleh dibuang ke saluran pembuangan.

Bubuk kopi, lemak, bahkan sisa makanan kecil tidak boleh dibuang ke wastafel. Gunakan keranjang saringan limbah pada saluran pembuangan wastafel guna menangkap benda padat atau sisa makanan. 

Jika mencuci tumpukan panci berminyak, pastikan menggunakan banyak sabun cuci piring. Selanjutnya, menuangkan 1,5 liter air mendidih ke lubang saluran pembuangan wastafel setelah mengosongkan bak cuci guna membantu mencegah minyak mengendap pada pipa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com