Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Memasukkan Aluminium Foil atau Kertas Perkamen ke Air Fryer?

Kompas.com - 06/01/2023, 14:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini semakin banyak orang menggunakan air fryer untuk memasak. Bagaimana tidak, air fryer memungkinkan Anda memasak dengan cepat, tidak kotor dan berantakan, serta lebih sedikit minyak.

Namun, salah satu pertanyaan umum dalam penggunaan air fryer adalah bolehkah memasukkan aluminium foil atau kertas perkamen ke dalam air fryer untuk melapisi makanan? Apakah aman, dan apakah ada manfaat untuk menggunakannya?

Dikutip dari Woman and Home, Jumat (6/1/2023), berikut penjelasan mengenai apakah bisa memasukkan aluminium foil dan kertas perkamen ke air fryer.

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Air Fryer

Ilustrasi aluminium foil. FREEPIK/FABRIKASIMF Ilustrasi aluminium foil.

Bolehkah memasukkan aluminium foil ke dalam air fryer?

Menggunakan aluminium foil di air fryer dianggap aman, karena cara kerja air fryer berbeda dengan microwave.

Karena air fryer dipanaskan melalui kipas, maka alat memanas dengan cepat, lalu kipas mendistribusikan udara panas. Cara kerja air fryer lebih mirip dengan oven, artinya seperti oven, aman untuk meletakkan aluminium foil di dalam air fryer.

Dennis Littley, chef dengan pengalaman 20 tahun, menyatakan, kesalahpahaman yang umum adalah bahwa aluminium foil tidak dapat digunakan dalam air fryer. Menurut Littley, orang menganggap memasak dengan air fryer mirip dengan microwave, padahal sebenarnya berbeda.

Littley merekomendasikan menggunakan aluminium foil di air fryer, terutama karena ini bisa sangat berguna untuk menghemat pembersihan sesudahnya.

Baca juga: Bikin Rusak, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Membersihkan Air Fryer

Namun, dia menyarankan bahwa sebelum Anda mulai menggunakan aluminium foil di air fryer, mungkin ada baiknya memeriksa manual model alat yang Anda miliki. Sebab, ada beberapa produsen yang melarang penggunaan aluminium foil di air fryer.

Tips menggunakan aluminium foil di air fryer

Meskipun Anda dapat menggunakan aluminium foil di air fryer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan Anda memasak menggunakan air fryer dengan cara yang paling aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com