Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Tanaman Hias 2023, Daun Besar hingga Keberlanjutan

Kompas.com - 14/12/2022, 14:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2023 akan segera kita sambut, begitu pula dengan berbagai tren, termasuk tren tanaman hias. Para penggemar dan Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan tanaman hias tentu ingin mengetahui tren tanaman hias apa yang akan terjadi di tahun 2023.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (14/12/2022), pada tahun 2022, tren tanaman hias termasuk tanaman merambat, tanaman hias dengan daun-daun menarik, dan tanaman aroid. Meskipun beberapa tren tanaman hias ini akan tetap ada, namun ada juga beberapa tren baru.

Berikut beberapa tren tanaman hias yang diprediksi populer pada tahun 2023 mendatang.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cantik dan Dapat Dirawat di Rumah

Ilustrasi tanaman hias Strelitzia nicolai di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/SIMOL1407 Ilustrasi tanaman hias Strelitzia nicolai di dalam ruangan.

1. Daun besar

Meskipun akan selalu ada tren tanaman hias yang berkaitan dengan daun, diprediksi akan banyak tanaman hias yang sangat keren dengan dedaunan yang sangat besar bermunculan.

Ini dimulai dengan Ficus lyrata beberapa tahun lalu dan membantu mendorong Monstera deliciosa ke statusnya sebagai bintang tanaman hias, kata Justin Hancock, pakar hortikultura di Costa Farms.

Pada tahun 2023, Hancock memprediksi tanaman Strelitzia nicolai, Musa, dan Thaumatophyllum sebagai tanaman hias populer. Tanaman ini memiliki struktur yang sangat menarik, bahkan lebih menarik daripada monstera klasik.

Daunnya yang ekstra besar langsung menambahkan efek dramatis dan daya tarik ke dekorasi rumah dan menonjol di media sosial, ungkap Hancock.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink, Salah Satunya Philodendron

2. Nuansa emas

Selama setahun terakhir kita melihat banyak tanaman dengan dedaunan berwarna-warni di mana-mana. Bersamaan dengan warna merah jambu, putih, dan perak, kita sekarang juga melihat tanaman berdaun emas.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com