Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan ala Andien Aisyah

Kompas.com - 08/12/2022, 23:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup berkelanjutan atau sustainable kini menjadi hal yang banyak dilakukan orang.

Dalam kehidupan sehari-hari, gaya hidup berkelanjutan ini bisa dicapai dengan ragam hal, dari tidak menggunakan kantong plastik, memakai tempat makan dan minum sendiri, hingga mengurangi membuang kain atau pakaian. 

Baca juga: Ini Penyebab Ada Residu Putih pada Pakaian yang Baru Dicuci

Gaya hidup berkelanjutan ini bisa menyelamatkan lingkungan dari semua limbah, termasuk limbah pakaian. Lantas, bagaimana cara berkontribusi dalam gaya hidup berkelanjutan?

Andien Aisyah, penyanyi Tanah Air sekaligus founder Setali Indonesia, menjelaskan mengubah habit atau perilaku dalam memperlakukan pakaian dalam kehidupan sehari-harinya dapat meminimalkan jumlah pembuangan limbah kain. 

Untuk bisa menjadi pakaian yang sustainable atau long last, sebenarnya kembali lagi ke habit atau perilaku dan mindset seseorang.

"Misalnya, sudah satu tahun pakaiannya menumpuk di dalam lemari dan harus berpikir apakah masih membutuhkan pakaian tersebut atau tidak," jelas Andien dalam acara Break The Pattern WorkShop Electrolux X Setali Indonesia di Jakarta, Kamis (8/12/2022).  

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Sampah Skincare

Mengubah pola pikir beli, bosan, dan buang

Selanjutnya, cara menerapkan gaya hidup sustainable adalah mengubah pola pikir beli, bosan, dan buang.

Andien menambahkan, salah satu cara mengaplikasikan gaya hidup berkelanjutan dalam fashion adalah merawat pakaian dengan baik agar long last dan bisa dipakai dalam jangka panjang.

Selain itu, melakukan upcycling terhadap pakaian-pakaian yang masih bisa diperbaiki sehingga tidak akan menambah limbah linen.

Misalnya, memperbaiki pakaian yang robek sehingga tidak berakhir menjadi limbah pakaian. 

Baca juga: Banyak Sampah Produk Skincare di Rumah? Ini Solusi Menguranginya

Menurut Andien, gaya hidup sustainable sangat penting dan perlu dilakukan agar lingkungan bisa tetap terjaga.

"Sustainable penting dilakukan di hidup ini karena saya tidak sendirian hidup di dunia dan kita membutuhkan bumi," ucap Andien. 

Di luar pakaian, linen yang menumpuk di rumah, seperti tote bag, perlu diperlakukan dengan baik agar tidak menumpuk dan akhirnya terbuang percuma.

"Kalau tote bag bisa diberikan ke tukang sayur atau teman-teman yang memiliki bisnis online shop sehingga akan berputar dan tidak terbuang. Walau nanti akan ada kemungkinan berputar ke kita lagi, setidaknya ini akan terpakai terus-menerus," tutur Andien. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com