Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tanaman Hias yang Dapat Membangkitkan Semangat

Kompas.com - 28/11/2022, 12:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman hias di dalam rumah dapat memberikan sentuhan keteduhan, dan ragam manfaat lainnya. Beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, lidah buaya, dan tanaman laba-laba atau spider plant diklaim dapat membuat udara lebih bersih karena sifatnya yang menyerap racun di udara.

Tak hanya itu, dilansir Balcony Garden Web, Senin (28/11/2022), ada beberapa tanaman hias yang dapat menjadi pembangkit energi atau semangat di dalam ruangan, antara lain sebagai berikut. 

1. Lidah mertua

Sansevieria trifasciata atau tanaman lidah mertua telah menjadi tanaman indoor yang populer karena sifatnya sebagai tanaman yang mudah dirawat

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Hias agar Tetap Sehat dan Subur

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/ADAM YEE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.

Tidak hanya itu salah satu tanaman energi positif terbaik karena warnanya yang cerah dan getaran ceria yang dipancarkannya, tetapi juga salah satu tanaman yang paling sehat. Ini menyerap racun dan partikel dari lingkungan. 

2. Calathea

Tanaman Calathea adalah genus dari keluarga Marantaceae, asli Amerika Selatan. Daunnya yang berwarna-warni menjadikannya sumber yang sangat baik untuk dekorasi rumah tangga. 

Calathea juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara untuk memfasilitasi lingkungan dalam ruangan yang lebih baik.

Satu hal hebat tentang tanaman ini adalah dapat menutup daunnya di malam hari dan membukanya di pagi hari.

Baca juga: 5 Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias Indoor dan Cara Membasminya

3. Tanaman giok

Crassula ovata atau tanaman giok, adalah tanaman sukulen dengan bunga putih atau merah muda yang lembut.

Tanaman giok, seperti tanaman sukulen lainnya, membutuhkan lebih sedikit perawatan. Pengagum Feng Shui dan Vastu sangat mementingkannya karena dapat menenangkan lingkungan dan mengundang keberuntungan dan kemakmuran.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com