Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 12:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama seperti nyamuk, lalat, dan lainnya yang masuk ke dalam rumah, dapat membuat ketidaknyamanan, bahkan mereka juga dapat menjadi penyebab masalah kesehatan yang bahaya.

Serangga lain, seperti kecoa dan semut, akan tinggal di ruang mana pun yang dapat diakses. Untuk itu, penting memeriksa dinding dan di belakang lemari dapur untuk melihat tanda-tandanya.

Dilansir dari Staffordshirelve.co.uk, Selasa (22/11/2022) Seorang juru bicara di GardeningExpress.co.uk mengatakan, hama masuk ke rumah kita karena berbagai alasan, bisa jadi karena mereka dapat mencium bau makanan, menemukan celah atau menyukai sedikit kehangatan.

Baca juga: 5 Jenis Hama yang Sering Menyerang Tanaman Anggrek

Ilustrasi nyamuk hinggap di daun. PIXABAY/ERIK_KARITS Ilustrasi nyamuk hinggap di daun.

Memiliki makanan yang mudah diakses akan menarik hama, jadi penting untuk menghilangkan remah-remah dari sekitar rumah, menyimpan makanan terbuka dalam wadah dan stoples yang tertutup rapat.

Berikut beberapa cara mengusir hama di rumah secara alami. 

1. Nyamuk

Hama ini dapat ditemukan sepanjang tahun, tetapi sangat lazim selama bulan-bulan hangat. Nyamuk paling aktif pada malam yang hangat, jadi tutupi semua kulit untuk mencegah digigit.

Alih-alih menggunakan produk berbahan kimia sebagai cara mengusir nyamuk, pilihlah bunga lavender yang dihancurkan.

Baca juga: Betulkah Tanaman Citronella Efektif Mengusir Nyamuk?

Gosokkan campuran tersebut pada area yang sangat sensitif dan rentan terhadap gigitan. Wewangian dan minyak yang dihasilkan mengusir nyamuk dewasa dan lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik, yang berarti juga akan menenangkan kulit.

Pohon Eucalyptus juga layak untuk diinvestasikan. Tanaman ini terkenal dengan kualitas penolak serangga berkat aroma mentolnya yang menyenangkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com