Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kucing Busok, Ras Asli Indonesia dari Pulau Madura

Kompas.com - 10/11/2022, 14:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari belakangan, media sosial Twitter bagian Indonesia—khususnya di kalangan pencinta kucing—tengah diramaikan oleh kucing Busok.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Kamis (10/11/2022), kucing Busok menjadi ramai karena mengikuti International Cat Show di Sidoarjo, Jawa Timur.

Disadur dari Tribun Jatim, Minggu (30/10/2022), International Cat Show merupakan ajang kontes kucing terbesar berskala internasional yang digelar World Cat Federation (WFC) melalui Indonesia Cat Council (ICC).

Baca juga: 6 Alasan Kucing Peliharaan Mengusap Wajahnya ke Sejumlah Permukaan

Acara ini berlangsung selama dua hari pada 29-30 Oktober 2022 dan diikuti 137 peserta dari seluruh Indonesia.

Presiden ICC, Herianto Jainur Santoso, mengatakan ada beberapa peserta yang membawa kucing ras asli Pulau Raas, Madura, yakni kucing Busok.

Lantas, seperti apa tampilan kucing Busok? Apakah benar-benar berasal dari Pulau Raas di Madura? 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Pipis di Kasur Pemiliknya

Bentuk wajah

Disadur dari Kompas.com, kucing Busok adalah ras kucing asli dari Pulau Raas, Madura. Busok termasuk sebagai kucing endemik karena hanya ada di Pulau Madura. 

Jika dilihat secara sekilas, bentuk wajah dan postur kucing yang tinggal di pulau karang seluas 39 kilometer persegi ini mirip dengan macan tutul dan kucing hutan.

Ukuran tubuhnya lebih besar dari kucing kampung dan bentuk tengkorak kepalanya agak persegi pada bagian atas, tetapi agak lancip pada bagian dagu.

Sahabat bulu ini memiliki hidung berukuran sedang dan sedikit melengkung ke bawah layaknya hidung singa. Bentuk telinganya tajam dan sedikit mencuat ke atas.

Baca juga: Mengenal Kucing Busok, Leopard dari Pulau Raas Madura dan Upaya Diakui Dunia

Warna bulu

Kucing Busok memiliki bulu berwarna abu-abu kebiruan polos. Inilah alasan di balik penamaan ras kucing ini oleh masyarakat setempat. 

Sementara itu, para pencinta kucing di Indonesia lebih mengenalnya sebagai kucing Busok, kucing Raas, atau kucing Madura.

Bulu kucing ini terlihat halus dan mengilau seperti perak dan sekilas mirip dengan beberapa ras kucing asal Eropa, yakni kucing Russian blue dan British short hair. Tekstur bulunya lebih tebal daripada kucing biasa.

Baca juga: Bisakah Kucing Mengenal Saudaranya Saat Dewasa Setelah Berpisah?

Peneliti biologi, Ronny Rachman Noor, pernah melakukan penelitian fenotipe dan genotipe pada kucing Busok pada 2009 di Madura.

Laporan penelitiannya dimuat dalam jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com