Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/04/2023, 14:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga memberikan warna dan kebahagiaan, serta mempercantik halaman rumah. Akan tetapi, ada beberapa bunga populer dan banyak disukai ternyata beracun.

Dikutip dari Balcony Garden Web, bukan berarti Anda tidak bisa menanam atau merawat bunga-bunga beracun itu.

Namun, jika Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, Anda harus tahu bunga apa yang beracun sehingga Anda dapat mengawasi dan menyadari apa konsekuensinya, jika mereka menelan sesuatu dari bunga dan tanaman tersebut.

Baca juga: Mengapa Disarankan Menanam Bunga Bersamaan dengan Sayuran?

Berikut sejumlah bunga yang cantik tapi beracun.

Ilustrasi bunga hydrangea. PIXABAY/RALPHS_FOTOS Ilustrasi bunga hydrangea.

1. Hydrangea

Berhati-hatilah saat menanam hydrangea. Jangan meletakkannya di dalam ruangan jika Anda memiliki kucing dan anjing, jika mereka mungkin menggigitnya.

Hydrangea mengandung sejumlah kecil sianida dan dapat mematikan jika tertelan. Meskipun tidak berbahaya bagi manusia, tetapi menelan daun atau bunga dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan muntah, diare, dan lesu pada hewan peliharaan.

2. Clematis

Ketika disentuh atau dikonsumsi, racun yang disebut anemonin (glikosida iritan) mempengaruhi hewan peliharaan dan manusia. Ini dapat menyebabkan dermatitis pada beberapa orang setelah kontak dan sensasi terbakar ringan dan bisul di mulut, jika dimakan.

Baca juga: Mengenal Asal Usul dan Arti Bunga Iris Berdasarkan Warnanya

Ini mempengaruhi hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kuda lebih dan menyebabkan mual dan air liur. Namun, gejalanya segera mereda, hewan peliharaan sendiri tidak menyentuh clematis karena rasanya yang pahit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com