Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Berkicau Berasal dari Lahir atau Latihan? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/10/2022, 15:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung memiliki beberapa kemampuan vokal yang paling mengesankan di dunia hewan.

Mulai dari, kicauan atau suara yang merdu, kicau burung dapat didengar dari jarak sangat jauh, meniru ucapan manusia, bahkan bernyanyi menggunakan dialek dan sintaksis yang berbeda. 

Baca juga: Ragam Alasan Burung Sering Berkicau pada Pagi Hari

Tentu saja, kemampuan burung berkicau dan bernyanyi beberapa lagu paling rumit tidaklah mudah. Ini membutuhkan latihan rutin dan konsisten.

Namun, dikutip dari Mental Floss, Rabu (19/10/2022), dorongan untuk bernyanyi sebetulnya telah ada dalam DNA burung, khususnya burung penyanyi atau songbird. 

Sama dengan manusia, bayi burung belajar berkomunikasi dari orang tuanya. Misalnya, burung kutilang zebra dewasa dapat bersuara atau bernyanyi dengan cara yang sama dengan "bicara bayi" saat mengajari anak ayam lagu mereka.

Baca juga: Jangan Takut, 5 Jenis Burung Ini Sering Berkicau pada Malam Hari

Ilustrasi burung love bird.Unsplash/mvwilcox Ilustrasi burung love bird.
Setelah mendengar ekspresi yang sama diulang berkali-kali dan mencobanya secara langsung, bayi burung dapat menggunakan lagu yang sama seperti burung dewasa.

Akan tetapi, pengasuhan bukanlah satu-satunya faktor yang mendorong perilaku ini. Bahkan ketika tumbuh tanpa ada sang induk yang mengajari cara bersuara, burung akan mulai bernyanyi sendiri.

Namun, lagu-lagu bawaan ini kurang halus daripada yang diajarkan. Sebaliknya, ketika diturunkan melalui beberapa generasi dan dibentuk dari waktu ke waktu, suara burung mulai terdengar mirip dengan lagu-lagu yang dipelajari dan dinyanyikan anggota lain dari spesies mereka. 

Baca juga: 4 Latihan yang Dapat Mengusir Rasa Bosan pada Burung Beo 

Hal ini menunjukkan bahwa dorongan untuk bernyanyi serta struktur spesifik dari lagu itu sendiri telah tertanam dalam kode genetik hewan melalui evolusi.

Selanjutnya, seiring bertambahnya usia, burung mempelajari banyak suara sehingga membuatnya menghasilkan beragam suara, kicauan, lagu, hingga meniru ucapa manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com