Kompas.com - 05/10/2022, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep atau denah lantai terbuka menjadi pilihan yang banyak digunakan di rumah modern dan hunian kecil saat ini seperti apartemen.  

Hal ini karena rumah berkonsep terbuka bisa membuat ruangan terlihat lebih besar, cerah, menawarkan estetika kontemporer, serta menghadirkan kehangatan dan keakraban saat berkumpul bersama keluarga maupun tamu. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Ruang Tamu Terbuka

Umumnya, denah lantai terbuka menyatukan antara ruang keluarga atau ruang tamu dan dapur sehingga keduanya terlihat lebih lapang serta praktis. 

Namun, lantaran melibatkan ruangan atau zona lain, hal ini dapat menimbulkan beberapa tantangan ketika ingin memadukan serta menyatukan gaya ruangan yang berbeda. 

Karena itu, Anda harus menguasai beberapa teknik dekorasi yang dapat membuat transisi tampak mulus serta berdekatan tampak mengurangi nilai estetika ruangan. 

Nah, dikutip dari My Decorative, Rabu (5/10/2022), berikut beberapa ide dekorasi  menyatukan ruang keluarga dan dapur. 

Baca juga: Konsep Dapur Terbuka Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Mengapa?

Pertimbangkan lantai 

Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.Shutterstock/KUPRYNENKO ANDRII Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.
Memiliki jenis lantai yang sama di antara ruang akan membuatnya tampak lebih terbuka dan tidak terlalu tersegmentasi. Pilih berbagai lantai yang cocok untuk konsep rumah terbuka.

Pertimbangkan juga warna lantai untuk menggabungkan gaya kedua ruangan. Sesuaikan warna lantai dengan perabotan dan lemari sehingga lantai tidak terlihat tidak pada tempatnya. 

Baca juga: 4 Tips Mendesain Dapur Terbuka yang Praktis dan Fungsional

Palet warna campuran

Menggunakan palet warna yang sama pada dinding juga akan membantu menciptakan aliran terbuka. Pertimbangkan menggunakan warna aksen di dapur sehingga Anda tetap bisa menghadirkan sentuhan kepribadian ke dalam ruangan. 

Anda tidak ingin kedua area tersebut saling menyatu. Harus selalu ada perasaan bahwa ruang keluarga dan dapur adalah dua ruangan berbeda yang bekerja sama dengan baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.