Kompas.com - 03/10/2022, 18:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu menjadi material favorit banyak orang karena memiliki masa pakai yang panjang dan tampilannya yang alami.

Namun, di balik kelebihannya, talenan kayu dapat melengkung dan retak seiring waktu. Ini dapat disebabkan karena perawatan yang salah seperti mencucinya dalam mesin cuci piring. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Bawang pada Talenan Kayu

Ketika kayu menjadi basah, ini bisa membuat teksturnya melunak dan seratnya membengkak, yang dapat menyebabkan talenan kayu melengkung serta retak.

Berikut cara mengatasi talenan kayu yang melengkuk dan retak dilansir dari All Recipes, Senin (3/10/2022). 

Perbaikan cepat 

Ilustrasi talenan kayu. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi talenan kayu.
Letakkan talenan kayu dalam wastafel berisi air hangat. Namun, jangan merendamnya dalam air karena bisa merusak permukaannya. Selanjutnya, keringkan talenan kayu dengan handuk.

Letakkan talenan kaya dalam posisi rata di atas meja dapur atau permukaan datar lainnya sehingga sudut-sudutnya menyentuh permukaan. Setelah itu, letakkan beberapa benda berat di atas semua permukaan talenan kayu. 

Baca juga: Cara Merawat Talenan Kayu agar Tahan Lama, Pakai Minyak Kelapa

Untuk menjaga agar permukaan talenan kayu tetap bagus dan bersih, tutupinya dengan selapis linen dapur, kertas timah, atau loyang yang rata sebelum meletakkan benda berat. Kemudian, biarkan talenan kayu hingga kering selama tiga hari.

Letakkan talenan kayu permukaan rata 

Jika telah lama mengabaikan talenan kayu yang melengkung, cobalah membalikannya. Tempatkan talenan pada permukaan yang rata dengan sudut mengarah ke bawah, menyentuh permukaan.

Diamkan setidaknya selama beberapa hari. Talenan kayu perlahan-lahan akan rata saat Anda mengeluarkan udara dari sisi yang paling banyak menahan kelembapan.  

Baca juga: Kenapa Talenan Kayu Bau? Penyebab dan Solusinya

Mencegah talenan kayu melengkung

Ilustrasi mencuci talenan kayu. SHUTTERSTOCK/WACHIWIT Ilustrasi mencuci talenan kayu.
Selain mengatasi, perlu juga dilakukan langkah pencegahan agar talenan kayu tidak melengkung. Caranya, mencuci talenan kayu dengan tangan, bukan mesin pencuci piring. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.