Kompas.com - 03/10/2022, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dapur menjadi salah satu ruangan yang sangat berpotensi menyebabkan kebakaran di rumah.

Sebab, sebagian besar makanan dan camilan dibuat menggunakan api dan listrik, yang mana keduanya bisa mengalami suatu kendala dan menyebabkan ruangan, bahkan hunian, menjadi terbakar.

Baca juga: Catat, Ini 5 Cara Mencegah Kebakaran di Dapur

Disadur dari Serious Eats, Senin (3/10/2022), ada beberapa tips mengamankan dapur dari risiko kebakaran, yakni sebagai berikut.

1. Pasang alarm kebakaran

Ilustrasi alarm kebakaran.PIXABAY / Rigby40 Ilustrasi alarm kebakaran.

Alarm kebakaran memang tidak bisa mencegah api, tetapi merupakan langkah pencegahan. Jika memutuskan untuk memasangnya, jangan lupa lakukan perawatan.

2. Jangan tinggalkan makanan yang dipanaskan

Michael Kozo dari Fire Department of New York, Amerika Serikat (AS), mengatakan, kegiatan memasak yang ditinggalkan adalah salah satu penyebab utama kebakaran dapur.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kebakaran Rumah

“Kami mengerti, setiap orang memiliki seratus hal yang terjadi, seperti menonton TV, seseorang mengirim pesan, ada seseorang di pintu, kamu sedang mengaasi anak, dan ini semua terjadi saat kamu mencoba memasak,” tuturnya.

Menurut Kozo, hal berikutnya yang dapat terjadi adalah makanan terbakar. Jika kamu akan memasak, fokuslah dengan kegiatan tersebut alih-alih melakukan hal lain dalam waktu yang bersamaan.

3. Hati-hati saat anak-anak masuk ke dapur

Beberapa orang senang mengajak anak-anaknya ke dapur untuk mengajarinya memasak. Namun, jangan lupakan bahwa dapur adalah tempat yang berbahaya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 6 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.