Kompas.com - 03/10/2022, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Spora jamur ada di mana-mana, baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi dibutuhkan lingkungan yang ideal bagi mereka untuk tumbuh.

Dikutip dari Hunker, Senin (3/10/2022), kelembapan adalah salah satu komponen yang diperlukan agar spora jamur berkembang biak. Itu sebabnya penyebab umum pertumbuhan jamur di rumah berhubungan dengan kelembapan atau air.

Sebagian besar jamur rumah tangga tidak berbahaya, tetapi jamur beracun adalah salah satu jenis yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Memahami bagaimana dan mengapa jamur tumbuh membantu Anda mengurangi kemungkinan tumbuhnya jamur di rumah.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mencuci Keset Kamar Mandi yang Berbau dan Jamur

Ilustrasi jamur di rumah. Shutterstock/Yavdat Ilustrasi jamur di rumah.

Jamur dapat mulai tumbuh dalam 24 hingga 48 jam setelah permukaan menjadi basah. Kegelapan dan suhu hangat membantu jamur tumbuh lebih cepat.

Banyak bahan yang ditemukan di rumah, termasuk kertas, kayu, insulasi, drywall, karpet, pelapis dan bahan organik, menawarkan sumber makanan untuk semua jenis jamur, termasuk jamur hitam.

Begitu jamur rumah tangga mulai tumbuh, itu tidak akan berhenti sampai Anda melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Berikut beberapa penyebab tumbuhnya jamur di rumah dan cara menanganinya.

1. Kebocoran atap rumah

Kebocoran air dari atap sering terjadi, terutama jika atap sudah tua. Hujan menyaring bahan atap yang rusak, di mana ia bisa terperangkap dan menciptakan kondisi lembap yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

Baca juga: Apa Itu Jamur Hitam dan Penyebabnya Muncul di Rumah

Air juga bisa bocor melalui atap dan masuk ke loteng, dan langit-langit ruangan di bawahnya, menciptakan lebih banyak potensi untuk pertumbuhan jamur.

Kebocoran atap tidak selalu mudah dikenali kecuali Anda memiliki air yang menetes melalui langit-langit, yang berarti jamur dapat tumbuh tanpa terdeteksi untuk waktu yang lama, membuat masalah jamur semakin parah.

Halaman:
Sumber Hunker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.