Kompas.com - 01/10/2022, 12:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain dan dekorasi rumah Skandinavia banyak digemari dan diaplikasikan oleh pemilik rumah. Desain rumah Skandinavia identik dengan kesederhanaan, kedekatan dengan alam, nuansa yang bersih, dan nyaman.

Menurut Teresa Olson, desainer interior di Milwaukee, AS, akar filosofi desain Skandinavia berasal dari desain yang tidak lekang waktu. Desain Skandinavia juga terinspirasi dari alam, integritas desain, dan penghormatan kepada bumi dan keberlanjutan.

Semua hal di atas adalah alasan mengapa desain Skandinavia memiliki daya tahan selama puluhan tahun, dan mengapa tetap digemari.

Baca juga: 5 Ide Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Ilustrasi furnitur kayu modern bergaya Skandinavia. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi furnitur kayu modern bergaya Skandinavia.

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (1/10/2022), berikut alasan mengapa desain rumah Skandinavia digemari dan tidak lekang oleh waktu.

Sejarah desain Skandinavia

Desain Skandinavia sangat dipengaruhi oleh iklim kawasan Skandinavia yang dingin, sumber daya lokal, dan keindahan alam sekitarnya.

Terisolasi secara geografis oleh kekaisaran Romawi, negara-negara Nordik juga membentuk desain mereka sendiri, sebuah estetika yang disebut sebagai gaya Urnes, yang berasal dari era Viking.

Gaya ini berakar dalam di alam dan berfungsi sebagai semacam perayaan untuk dewa-dewa Nordik.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Terjadi saat Mendekorasi Rumah Bergaya Skandinavia

Kemudian, imbuh Olson, di era abad pertengahan, kemajuan teknologi dan produksi menciptakan kemampuan untuk mendesain furnitur, dekorasi rumah, dan bangunan yang lebih ramping dan lebih bersih sesuai dengan prinsip klasik Skandinavia tersebut.

Memasuki tahun 1950-an, desain Skandinavia telah mencapai keseimbangan yang sangat menarik yang kita kenal sekarang, yakni perpaduan antara elegan dan alami dengan minimalis modern, ungkap Julie Brayton, kepala dan desainer utama Brayton Interiors.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.