Kompas.com - 01/10/2022, 10:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah menggunakan bantal yang tepat.

Bantal yang tepat dapat tidak hanya nyaman sebagai alas menaruh kepala, juga penyangga leher agar tidak terasa sakit ketika bangun tidur.

Baca juga: Bantal Lumbar Bisa Digunakan untuk Orang dengan Postur Tubuh Baik

Namun, bantal juga harus dirawat dengan baik melalui pencucian yang tepat agar kualitasnya tetap terjaga, dan bebas dari keringat, minyak tubuh, dan tungau debu.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (1/10/2022), meski sarung bantal perlu dicuci setiap pekan, bantal harus dicuci setidaknya secara musiman.

Ilustrasi bantal.PIXABAY/KakaduArt Ilustrasi bantal.

Saat ini, ada berbagai jenis bantal untuk dipilih. Masing-masing perlu dicuci dengan cara yang cukup berbeda, yakni sebagai berikut.

1. Bantal bulu dan serat poliester

Untuk jenis bantal bulu, bulu burung (down), dan serat poliester, mereka bisa dicuci dengan mesin cuci atau manual dengan tangan. Jangan gunakan detergen secara berlebihan, dan hindari memutar atau memerasnya secara kasar.

  • Lakukan pembersihan awal

Sebelum mencuci bantal, periksa seluruh permukaan untuk melihat apakah ada noda atau tidak. Jika ada, lakukan pembersihan awal.

Gunakan sedikit detergen untuk membersihkannya. Gosok secara hati-hati pakai sikat berbulu halus, diamkan selama setidaknya 10 menit, dan cuci bantal seperti biasa.

Baca juga: Cara Mencuci Bantal yang Benar Sesuai Jenisnya, Jangan Keliru

  • Masukkan ke mesin cuci

Jika menggunakan mesin cuci, bantal bulu harus dicuci menggunakan siklus pencucian lembut dan air dingin. Sementara itu, bantal serat poliester bisa dicuci dengan air dingin atau hangat.

Sebaiknya, cuci beberapa bantal untuk membantu beban cucian tetap seimbang. Apabila hanya mencuci satu bantal, tambahkan beberapa handuk mandi.

Halaman:
Sumber The Spruce


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.