Kompas.com - 28/09/2022, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah bagian terpenting dari setiap rumah tangga. Dapur tidak hanya menjadi ruang memasak dan menyiapkan masakan, tapi juga meletakkan sejumlah peralatan dapur

Namun, ketika menempatkan peralatan dapur, ada beberapa prinsip vastu yang harus diperhatikan untuk membawa energi postif. 

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendesain Dapur Ramah Anak

Ashna Ddhannak, Pakar vastu sekaligus pelatih kehidupan holistik di Enlightening Lifestyle, menyakini bahwa dapur adalah tempat terbaik untuk mencapai kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan motivasi. 

Untuk memastikan dapur diselimuti getaran positif, menurut vastu shastra, unsur-unsur bumi, langit, udara, api, dan air harus seimbang. Jika perlu, ubah area tertentu di dapur untuk meningkatkan energi positif di rumah.

Dilansir dari Architectural Digest, Rabu (28/9/2022), berikut lima faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat menata dapur menurut pedoman vastu. 

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Dapur Ramah Anak Menurut Ahli 

Arah terbaik untuk dapur

Ilustrasi dapur dengan nuasan putih dan biru.Shutterstock/Archi_Viz Ilustrasi dapur dengan nuasan putih dan biru.
Menurut vastu shastra, penguasa api berdaulat di arah tenggara rumah, yang berarti penempatan dapur yang ideal adalah arah tenggara rumah Anda.

Namun, jika tidak dapat melakukannya, Anda bisa meletakkannya di arah barat laut. Namun, pastikan dapur tidak pernah dibangun di arah utara, timur laut, atau barat daya rumah karena akan merusak hubungan antaranggota keluarga secara drastis. 

Letakkan peralatan di lokasi yang sama

Semua benda di dapur mewakili api. Untuk itu, kompor gas, oven, microwave, pemanggang roti, dan peralatan lainnya harus ditempatkan di bagian tenggara dapur.

"Barang-barang ini juga harus ditempatkan dengan cara yang akan memaksa seseorang untuk menghadap ke timur saat memasak. Ini akan memastikan energi positif," kata Ddhannak. 

Baca juga: 5 Cara Menambahkan Warna ke Dapur Saat Merenovasinya 

Hindari meletakkan beberapa alat secara sejajar

Menurut vastu shastra, wastafel dan tempat memasak, yang meliputi tabung gas dan oven, tidak boleh disimpan pada platform yang sama atau sejajar satu sama lain di dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.