Kompas.com - 27/09/2022, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi rentan mengalami bau, salah satunya bau urine. Bau ini terutama muncul di sekitar kloset.

Untuk itu, perlu membersihkan kamar mandi, terlebih area kloset secara rutin, dan mengguyur lantai atau kloset setiap kali selesai digunakan. 

Baca juga: 7 Cara Merenovasi Kamar Mandi Tanpa Bikin Kantong Bolong

Namun, menggunakan produk pembersih paling kuat terkadang tidak selalu bisa menghilangkan bau urine di kamar mandi sepenuhnya. 

Dilansir dari The Express, Selasa (27/9/2022), Hinchliffe, influencer kebersihan dan gaya hidup dengan lebih dari 4,5 juta pengikut di Instagram, membagikan kiat menghilangkan bau urine dari kamar mandi.

Hinch, sapaan akrabnya, mengatakan cukup menggunakan krim cukur. Caranya, semprotkan krim cukur ke permukaan kamar mandi yang memiliki bau urine kuat, kemudian diamkan selama 30 menit, dan gosok dengan air bersih.  

Baca juga: Penyebab Jamur Hitam di Kamar Mandi dan Cara Membersihkannya

Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.
Cara lain, menggunakan pembersih uap, soda bikarbonat, bubuk mustard, cuka, dan air perasan lemon

Cara membuatnya, isi setengah botol semprotan dengan air dingin, seperempat air perasan lemon, dan seperempat semprotan cuka putih, lalu aduk hingga semua bahan tercampur.

Selanjutnya, semprotkan pada kamar mandi dan biarkan sampai mengering. Bau urine di kamar mandi akan segera menghilang. Hal ini karena cuka merupakan disinfektan sekaligus penghilang bau. 

Baca juga: 4 Cara Menggabungkan Unsur Alam ke dalam Interior Kamar Mandi

Selain itu, bisa pula menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau urine di kamar mandi. 

Kopi memiliki aroma luar biasa sehingga dapat menyerap bau tidak sedap di kamar mandi serta memberikan aroma menyenangkan.

Tak hanya bubuk, ampas kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau urine di kamar mandi. Caranya, taburkan bubuk kopi ke kamar mandi, diamkan 15 menit, dan siram dengan air. 

Baca juga: 6 Cara Memberikan Sentuhan Kemewahan di Kamar Mandi

Bisa pula meninggalkan beberapa bungkus kopi di kamar mandi sehingga aroma kopi akan menyerap bau urine dan menetralisirnya. Cukup buka beberapa bungkus kopi dan biarkan di dalam ruangan selama beberapa hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.