Kompas.com - 25/09/2022, 08:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Stainless steel atau baja tahan karat adalah material populer yang digunakan untuk wastafel dan peralatan dapur lainnya.

Hal ini karena stainless steel dikenal tahan lama, terjangkau, serta perawatannya rendah. Meski demikian, material stainless steel juga memiliki kekurangan seperti rentan kusam, mengalami kerusakan akibat noda air serta buih sabun, dan mudah tergores. 

Baca juga: Bahaya Menggunakan Pemutih untuk Membersihkan Wastafel

Selain itu, wastafel stainless steel sulit dibersihkan karena pembersih serbaguna biasanya dapat meninggalkan residu bergaris.

Untungnya, ada bahan pembersih yang aman untuk membersihkaan wastafel stainless steel tanpa menggoresnya, yakni tepung. 

Tepung tidak hanya berfungsi membuat wastafel bersih, tetapi juga merupakan produk ramah lingkungan yang benar-benar aman untuk lingkungan. 

Namun, tepung jarang digunakan orang sebagai bahan pembersih. Padahal, serbuk serbaguna ini bertindak sebagai abrasif ringan yang akan membersihkan kotoran pada permukaan di semua celah kecil wastafel.

Baca juga: 6 Material Wastafel Kamar Mandi dan Plus Minusnya 

Seberapa sering harus menggunakan trik ini?

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Metode membersihkan wastafel stainless steel dengan tepung dapat dilakukan setiap sebulan sekali. Hal ini karena metode tersebut dapat membersihkan alur mikro di permukaan wastafel serta mencapai hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh spons dan sabun standar Anda.

Namun, bila Anda termasuk orang-orang yang tidak bisa melihat dapur kotor, metode membersihkan wastafel ini dapat dilakukan setiap hari.

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara membersihkan wastafel stainless steel dengan tepung dilansir dari Simplemost, Minggu (25/9/2022).

Apa yang kau butuhkan

  • Tepung putih atau gandum. 
  • Dua lap lembut atau handuk kertas
  • Pembersih semprotan dapur atau air sabun panas. 
  • Cuka (opsional)

Baca juga: Trik Memanfaatkan Area Bawah Wastafel untuk Penyimpanan 

Cara membersihkan wastafel stainless steel dengan tepung

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.
Langkah pertama adalah membersihkan wastafel dapur dengan air sabun panas atau pembersih semprotan dapur biasa atau menggunakan cuka.

Halaman:
Sumber simplemost


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.