Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Wajan Antilengket

Kompas.com - 18/09/2022, 18:36 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan antilengket atau panci antilengket merupakan peralatan masak modern yang memudahkan setiap penggunanya dalam memasak.

Namun, ada kekhawatiran yang meningkat yang membuat banyak orang mempertanyakan apakah wajan antilengket aman digunakan atau tidak.

Jika hal tersebut juga kamu rasakan, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli wajan antilengket agar bisa mendapatkan yang terbaik.

Baca juga: 4 Tanda Wajan Antilengket Sudah Rusak dan Harus Segera Menggantinya

Dilansir dari Everyday Dishes, Minggu (18/9/2022), berikut ini adalah enam hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli wajan antilengket.

Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket.
Masalah keamanan

Hal pertama yang harus diperiksa sebelum membeli wajan antilengket adalah keamanannya. Dalam hal memasak makanan, keamanan dari peralatan masak yang digunakan harus menjadi perhatian pertamamu.

Saat hendak membeli wajan antilengket, bukanlah langkah yang bijaksana untuk menyeimbangkan antara keamanan kesehatan atau uangmu.

Periksa permukaan wajan antilengket yang hendak dibeli untuk melihat permukaan wajan terbuat dari apa.

Berdasarkan proses pembuatan wajan antilengket, beberapa di antaranya dibuat menggunakan bahan kimia berbahaya bernama perfluorooctanoic acid (PFOA) atau asam perfluorooktanoat.

Baca juga: Cara Memperpanjang Usia Pakai Panci dan Wajan Antilengket

Jadi, saat kamu akan membeli wajan antilengket, pastikan wajan tersebut bebas PFOA.

Kamu selalu dapat memverifikasi perusahaan manufaktur wajan antilengket untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana produk mereka dibuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com