Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2022, 17:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing menggonggong bisa menjadi gangguan yang nyata. Ini terutama jika Anda tinggal dekat di kompleks perumahan atau apartemen.

Dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (17/9/2022), melatih anjing untuk tidak sering menggonggong mungkin dapat dilakukan, tetapi Anda dapat meningkatkan peluang memiliki anjing yang pendiam dengan memilih ras dengan kecenderungan rendah untuk menggonggong.

Anjing-anjing tertentu dibiakkan untuk menjadi anjing pemburu yang menggonggong, memperingatkan pemburu akan mangsa. Namun, beberapa ras anjing lain tetap diam dan tetap diam, memungkinkan mereka untuk menangkap permainan.

Baca juga: Ketahui, Ini Alasan Anjing Setia kepada Pemiliknya

Ilustrasi ras anjing Afghan Hound. SHUTTERSTOCK/DAVID RAHELGAUZ Ilustrasi ras anjing Afghan Hound.

Anjing menggonggong karena gembira, cemas, bosan, dan banyak lagi. Ini adalah cara alami anjing untuk berkomunikasi, dan pemilik harus memahami alasan di balik gonggongan anjing sebelum dapat mengatasi perilaku tersebut.

Ras anjing yang jarang menggonggong cenderung lebih percaya diri. Mereka memiliki rutinitas dalam hidup mereka dan merasa nyaman dengan orang-orang, lingkungan, dan tingkat latihan mereka.

Anjing yang cenderung menggonggong menjadi cemas dan mungkin mengalami kecemasan akan perpisahan, fobia, atau perilaku mencari perhatian.

Berikut adalah ras anjing yang jarang menggonggong alias pendiam yang bisa menjadi teman yang baik, terutama jika tetangga Anda sensitif terhadap kebisingan.

Baca juga: Cara Melatih Anjing Doberman agar Tidak Agresif

1. Afghan hound

Afghan hound umumnya pendiam dan mandiri, meskipun mereka bisa bermain-main dan penuh kasih sayang di sekitar manusia favorit mereka. Mereka sangat setia kepada keluarganya.

Bulu halus mereka membutuhkan banyak perawatan, dan beberapa anjing Afghan hound dapat memiliki sifat keras kepala. Mereka juga anjing yang cukup energik, jadi tidak cocok untuk setiap pemilik rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com