Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatasi Saluran Bak Cuci Piring yang Mampet

Kompas.com - 04/09/2022, 16:42 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSaluran bak cuci piring yang mampet menimbulkan berbagai masalah di dapur, dari genangan air sabun hingga kotoran yang menumpuk.

Karena kotoran dan residu makanan yang menumpuk, saluran bak cuci piring pun dapat membuat dapur berbau tidak sedap.

Baca juga: Mudah, 5 Cara Menghilangkan Bau Saluran Air Bak Cuci Piring

Walhasil, ini membuat penghuni rumah malas berkegiatan di dapur lantaran aroma bau tersebut membuat tidak nyaman.

Presiden dan Co-CEO di AspenClean, Alicia Sokolowski, mengatakan ada beberapa hal yang membuat saluran bak cuci piring mampet.

“Wastafel dan saluran air menjadi tersumbat ketika rambut, lemak, buih sabun, sisa makanan, dan kotoran lainnya masuk ke saluran pembuangan,” ujarnya dilansir Reader’s Digest, Minggu (4/9/2022).

Namun, masalah ini dapat dengan mudah diatasi tanpa perlu menggunakan jasa profesional. Berikut cara mengatasinya. 

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Wastafel Dapur

Air mendidih

Ilustrasi wastafel dapur dengan material keramikShutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi wastafel dapur dengan material keramik
Pertama, menggunakan air mendidih. Untuk menggunakan cara ini, perhatikan jenis pipa yang digunakan bak cuci piring. Air mendidih lebih aman digunakan pada pipa logam.

“Jangan gunakan metode ini pada pipa PVC,” imbau Sokolowski. 

Air mendidih bisa digunakan jika saluran bak cuci piring tersumbat rambut, sabun, lemak, atau residu lainnya yang tersangkut di saluran pembuangan.

Kamu hanya perlu merebus dua liter air hingga mendidih, tuangkan ke dalam lubang saluran air, dan nyalakan keran untuk melihat apakah air mendidih membuat perbedaan. Ulangi langkah ini jika perlu.

Baca juga: Jangan Buang 7 Bahan Ini ke Saluran Bak Cuci Piring, Bikin Mampet

Baking soda dan cuka putih

Selanjutnya, menggunakan baking soda dan cuka putih. Cara ini aman digunakan pada pengguna pipa PVC.

Ilustrasi membersihkan saluran air bak cuci piring dengan baking soda atau soda kue. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi membersihkan saluran air bak cuci piring dengan baking soda atau soda kue.

Menurut Sokolowski, baking soda dan cuka putih sama-sama memiliki manfaat untuk kebutuhan rumah seoertu membersihkan pakaian, membasmi buih sabun, dan membuat kulkas beraroma segar.

Ketika dua bahan ini digabungkan, ini bisa mengatasi saluran wastafel yang mampet. Untuk melakukannya, tuangkan 128 gram baking soda ke dalam saluran air. 

Kemudian, tuangkan 236 mililiter cuka putih, tutup lubang saluran, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, tuangkan air panas dan ulangi langkah ini jika perlu.

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel yang Berkerak

Penyedot kloset

Jika memiliki penyedot kloset, ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi saluran bak cuci piring yang mampet. Alternatifnya, beli penyedot kloset berukuran kecil khusus untuk wastafel.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama-tama, isi bak cuci piring dengan air panas hingga cukup menggenang.

Setelah itu, letakkan alat di atas lubang dan pompa ke atas dan ke bawah beberapa kali. Lepaskan alat dan amati apakah air yang menggenang mulai mengalir. Ulangi langkah ini jika perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com