Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2022, 19:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Budi daya ikan hias bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan lantaran beberapa spesies ikan mudah dikembangbiakkan, salah satunya ikan neon tetra.

Meski demikian, budi daya ikan neon tetra tetap harus melalui sejumlah persiapan guna memastikan proses pengembangbiakkan berjalan lancar dan neon tetra betina dalam keadaan sehat.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Neon Tetra yang Cocok Dipelihara Pemula

Adapun deretan persiapan yang perlu dilakukan mencakup pemilihan pasangan ikan neon tetra, mengondisikan ikan-ikan yang dipilih, serta mengatur akuarium khusus budi daya ikan neon tetra.

Disadur dari Aquarium Nexus, Senin (22/8/2022), berikut cara budi daya ikan neon tetra di akuarium.

Memilih pasangan ikan neon tetra

Ilustrasi ikan neon tetra jenis Glowlight Tetra.SHUTTERSTOCK / Besjunior Ilustrasi ikan neon tetra jenis Glowlight Tetra.

Memilih pasangan ikan neon tetra bisa cukup menantang. Cara termudah membedakan ikan jantan dan betina adalah melalui ukuran tubuhnya.

Bisanya, neon tetra betina lebih besar daripada jantan serta perutnya pun lebih bulat. Untuk ikan neon tetra jenis Neon Tetra, garis biru pada bagian atas tubuh betina terlihat melengkung, sementara jantan berbentuk lurus. 

Baca juga: Jumlah Ikan Neon Tetra yang Bisa Ditaruh dalam Satu Akuarium

Kondisikan ikan neon tetra

Sebelum mengembangbiakkan ikan neon tetra, kondisikan terlebih dulu. Taruh ikan jantan dan betina dalam akuarium terpisah dan beri mereka makanan tinggi protein.

Pemberian makanan tinggi protein berfungsi mendorong ikan neon tetra betina memproduksi telur. Kamu dapat memberi makan ikan neon tetra berupa daphnia, cacing darah, atau jenis makanan lain yang kaya akan protein. 

Makanan ikan hias komersial bisa diberikan, tetapi makanan hidup bekerja lebih baik untuk mendorong periode pemijahan.

Dalam waktu sekitara satu pekan, ikan hias neon tetra betina menjadi gemuk dan penuh dengan telur. Saat kondisi ini, taruh ikan neon tetra di akuarium khusus budi daya dengan neon tetra jantan.

Baca juga: 11 Fakta Menarik Ikan Neon Tetra, Berasal dari Sungai Amazon

Pengaturan akuarium

Ilustrasi ikan neon tetra jenis Cardinal Tetra.WIKIMEDIA COMMONS Ilustrasi ikan neon tetra jenis Cardinal Tetra.

Ikan neon tetra jantan dan betina yang telah dipasangkan untuk pemijahan sebaiknya ditaruh dalam akuarium khusus alih-alih dibiarkan di akuarium umum.

Sebab, telur dan ikan-ikan yang baru menetas bisa menjadi santapan bagi ikan lainnya. Akuarium khusus budi daya ikan neon tetra sebaiknya memiliki tampilan yang mirip dengan habitat aslinya.

Ikan neon tetra berasal dari aliran air jernih, sungai jenis blackwater, dan anak-anak sungai di lembah sungai Amazon dan Orinoco di Brasil, Kolombia, dan Peru.

Baca juga: Panduan Memelihara Ikan Neon Tetra dan Cupang dalam Satu Akuarium

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com