Kompas.com - 19/08/2022, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa ras kucing yang tampilannya mirip seperti Himalaya dan Persia serta Birman dan Siamese atau Siam. 

Meski begitu, masing-masing memiliki keunikan tersendiri yang menarik perhatian orang-orang untuk memeliharanya.

Baca juga: Bahaya Kucing Tidur di Kotak Pasir dan Cara Mengatasinya

Kucing Birman, misalnya, salah satu keunikannya adalah memiliki legenda yang menarik dan cukup menyedihkan di balik asal-usulnya.

Dikutip dari Mental Floss, Jumat (19/8/2022), kucing Birman konon adalah keturunan dari kucing sebuah kuil milik seorang biksu di Burma kuno, kini dikenal sebagai Myanmar.

Saat itu, para pencuri mendatangi kuil dan menyerang pendeta tersebut. Saat dia sekarat, kucing tersebut setia menemaninya.

Lalu, kejadian mistis pun terjadi. Bulu kucing itu berubah menjadi warna keemasan dan matanya berwarna biru. Tampilannya mirip seperti dewi yang dipuja pendeta tersebut.

Selain itu, masih ada sejumlah fakta menarik kucing Birman yang perlu diketahui, yang dapat membuat pengalaman memelihara kucing ini semakin mengasyikkan seperti berikut. 

Baca juga: 4 Perbedaan Kucing Savannah dan Bengal, dari Tampilan sampai Harga

Ilustrasi kucing birmanUNSPLASH/Antonin Carvalho Ilustrasi kucing birman

Asal-usulnya tidak diketahui

Jika menilik legenda yang beredar tentang kucing Birman seperti disebutkan sebelumnya, diketahui bahwa mereka adalah keturunan dari kucing milik seorang pendeta di Burma kuno.

Akan tetapi, tidak ada yang tahun dari mana ras kucing ini berasal atau kapan pertama kali kucing Birman tiba di Eropa. 

Banyak orang percaya bahwa kucing Birman pernah menjadi sahabat para pendeta di kuil Myanmar kuno, lalu dikabarkan diimpor dari Asia ke Perancis.

Baca juga: 7 Aroma yang Dapat Mencegah Kucing Pipis Sembarangan di Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.