Kompas.com - 17/08/2022, 08:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan yang menggemaskan dan memiliki banyak perilakuunik, salah satunya takut terhadap mentimun.

Beberapa video di media sosial memperlihatkan bagaimana kucing lari ketika melihat mentimun di hadapannya. Mengapa demikian?

Dilansir dari Love to Know, Rabu (17/8/2022), tidak ada jawaban pasti mengapa kucing takut mentimun tersebut, tetapi ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kucing takut mentimun seperti berikut. 

Baca juga: Cara Mencegah Kucing Peliharaan Membuang Kotoran di Pot Tanaman 

Respons refleks

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/MirasWonderland Ilustrasi kucing Ragdoll.
Kucing pada dasarnya adalah predator. Seiring waktu, kucing mengembangkan refleks cepat untuk menjadi pemburu yang efektif.

Waktu respons yang cepat ini juga membantunya menghindari predator lebih besar dan bersembunyi. Kucing juga mengembangkan refleks kejut yang kuat ketika sesuatu  menakutkan atau berbahaya mendekatinya.

Dalam video yang menunjuukan kucing takut mentimun, sebetulnya sahabat bulu tidak menyadari mentimun sampai mereka berbalik dan melihatnya tepat di sebelahnya. 

Respons kucing ini sebenarnya masuk akal karena tiba-tiba melihat sesuatu yang aneh tepat di sebelah, yang tidak ada sebelumnya. 

Baca juga: Mengapa Induk Kucing Suka Memindahkan Anak-anaknya? 

Mirip ular 

Teori lain beranggapan bahwa mentimun terlihat seperti ular. Kucing memiliki ketakutan naluriah terhadap ular. Mentimun dianggap menyerupai ular karena ukurannya panjang dan berwarna hijau tua layaknya ular. 

Di alam liar, kucing yang melihat seekor ular menandakan bahaya ekstrem sehingga menghindarinya, termasuk melompat tinggi karena ini membuat ular lebih sulit menggigit atau menjeratnya. 

Baca juga: 12 Cara Kucing Menunjukkan Cinta kepada Pemiliknya 

Mengganggu tempat yang aman

Ilustrasi mentimun. PIXABAY/CICO ZELJKO Ilustrasi mentimun.
Kucing cenderung bereaksi terhadap area yang berbeda di lingkungannya dan pasti ada tempat di rumah yang mereka sukai, terutama jika berada di tempattinggi seperti pohon kucing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.