Kompas.com - 17/08/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran lalat di rumah tidak hanya mengganggu, tapi juga dapat menyebarkan penyakit. Selain menggunakan produk pembasmi lalat yang dijual di pasaran, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk membuat cairan pengusir lalat.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (17/8/2022), lalat secara alami tertarik pada sampah dan sisa makanan.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan area di dalam dan di luar rumah untuk mengendalikan populasi lalat.

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah

Ilustrasi lalat di rumah. PIXABAY/GWENDOLINE63 Ilustrasi lalat di rumah.

Cara membuat cairan pengusir lalat

Menurut Medicine Net, mudah untuk membuat cairan pengusir lalat buatan sendiri yang aman untuk pekarangan atau di dalam rumah. Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan satu sendok makan cuka dan soda kue ke dalam secangkir air.

Cara lainnya adalah memasukkan setengah cangkir air dengan setengah cangkir alkohol isopropil dan 1 sendok teh sabun cuci piring. Masukkan kedua campuran ke dalam botol semprot.

Keduanya aman digunakan di sekitar tanaman dan hewan peliharaan.

Adapun cara ketiga adalah membuat perangkap lalat cuka apel dengan mencampurkan beberapa sendok makan cuka apel dan sabun cuci piring, ditambahkan ke satu sendok makan gula dalam mangkuk. Ini akan menarik agas dan lalat dan akhirnya menyebabkan mereka tenggelam.

Baca juga: 4 Cara Mengusir Lalat di Dapur dengan Mudah

Aroma tertentu dari essential oil juga mampu mengusir lalat. Kemangi, kayu manis, cengkeh, kayu putih, lavender, serai, marigold, mint, dan peppermint aman untuk digunakan dalam pengusir lalat buatan sendiri saat digunakan dalam penyegar udara, lilin, atau diffuser.

Cara lainnya untuk mengusir lalat

Membuat perangkap lalat dengan buah adalah cara mudah lain untuk mengusir lalat dari rumah. Tempatkan buah busuk dalam stoples dan tutupi dengan bungkus plastik dengan beberapa lubang di dalamnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.