Kompas.com - 16/08/2022, 23:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring waktu, tampilan rumah dapat membosankan karena sudah sering dilihat. Renovasi pun menjadi pilihan yang dilakukan beberapa orang untuk memperbarui tampilan rumah. 

Namun, sebetulnya, ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali tampilan rumah, bahkan dengan biaya minim. 

Baca juga: 7 Cara Menata Ruang Tamu Berdasarkan Feng Shui

Salah satunya, menggunakan cermin. Untuk ruangan kecil, misalnya, tidak perlu merenovasinya hanya untuk membuat ukurannya menjadi lebih besar.

Sebab, cermin dapat menciptakan ilusi visual sehingga membuat ruangan lebih besar dari aslinya. Hal ini karena permukaan cermin memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Disadur dari Real Simple, Selasa (16/8/2022), berikut ragam trik sederhana lainnya untuk menyegarkan kembali tampilan rumah. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rumah Kontrakan Tanpa Mengubah Bentuk Aslinya

Ganti perangkat keras

Ilustrasi pintu rumah.SHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi pintu rumah.

Justina Blakeney, desainer interior, mengatakan gagang atau kenop pintu adalah aksesori rumah yang dipandang sebelah mata.

Sebab, ketika tampilannya sudah mulai kusam, orang-orang tetap tak menyadarinya meski  sering menyentuhnya hampir setiap hari. 

Namun, karena merupakan salah satu benda yang sering disentuh pemilik rumah, meningkatkan tampilan gagang pintu dapat membuatnya menjadi elemen dekorasi.

Carilah kenop atau gagang pintu dengan bentuk unik atau finishing yang tampilannya dapat melengkapi perabot di dalam ruangan. Misalnya, kenop atau gagang dengan patina yang sama seperti rangka lampu utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.