Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Sederhana Menyegarkan Kembali Tampilan Rumah

Kompas.com - 16/08/2022, 23:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring waktu, tampilan rumah dapat membosankan karena sudah sering dilihat. Renovasi pun menjadi pilihan yang dilakukan beberapa orang untuk memperbarui tampilan rumah. 

Namun, sebetulnya, ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali tampilan rumah, bahkan dengan biaya minim. 

Baca juga: 7 Cara Menata Ruang Tamu Berdasarkan Feng Shui

Salah satunya, menggunakan cermin. Untuk ruangan kecil, misalnya, tidak perlu merenovasinya hanya untuk membuat ukurannya menjadi lebih besar.

Sebab, cermin dapat menciptakan ilusi visual sehingga membuat ruangan lebih besar dari aslinya. Hal ini karena permukaan cermin memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Disadur dari Real Simple, Selasa (16/8/2022), berikut ragam trik sederhana lainnya untuk menyegarkan kembali tampilan rumah. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rumah Kontrakan Tanpa Mengubah Bentuk Aslinya

Ganti perangkat keras

Ilustrasi pintu rumah.SHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi pintu rumah.

Justina Blakeney, desainer interior, mengatakan gagang atau kenop pintu adalah aksesori rumah yang dipandang sebelah mata.

Sebab, ketika tampilannya sudah mulai kusam, orang-orang tetap tak menyadarinya meski  sering menyentuhnya hampir setiap hari. 

Namun, karena merupakan salah satu benda yang sering disentuh pemilik rumah, meningkatkan tampilan gagang pintu dapat membuatnya menjadi elemen dekorasi.

Carilah kenop atau gagang pintu dengan bentuk unik atau finishing yang tampilannya dapat melengkapi perabot di dalam ruangan. Misalnya, kenop atau gagang dengan patina yang sama seperti rangka lampu utama.

Kenop atau gagang pada lemari dapur dan kabinet kamar mandi pun dapat diubah untuk menghadirkan tampilan baru yang lebih dramatis.

Baca juga: 8 Tips Mengecat Pintu Interior Rumah

Perbarui nat kamar mandi

Lapisan nat baru dapat membuat kamar mandi terasa baru. Desainer interior, Tracy Morris, mengungkapkan langkah ini bisa dilakukan hanya dalam setengah hari saja. 

Untuk tampilan nat yang sudah kusam, lapisi dengan nat baru yang warnanya sama dengan nat asli. Jadi, tidak perlu melapisi nat berwarna baru pada seluruh lapisan nat di kamar mandi.

Sementara untuk warna nat gelap, mereka harus dikerjakan oleh sprofesional supaya tampilannya tampak halus.

Baca juga: Simak, Ini Langkah Mudah Membersihkan Nat Kamar Mandi

Ganti batang tirai shower

Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu. Shutterstock/Peshkova Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com