Kompas.com - 16/08/2022, 16:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang laundry atau penatu biasanya memerlukan lahan yang cukup luas agar terasa lega untuk aktivitas mencuci, menjemur, dan menyetrika.

Namun, jika lahan untuk ruang laundry terbatas, kamu masih tetap bisa menatanya dengan baik dan rapi.

Dikutip dari channel YouTube Livinglovingnet, Selasa (16/8/2022), berikut ini tiga tips menata ruang laundry di lahan yang terbatas.

Baca juga: 4 Tips Menata Ruang Laundry untuk Rumah Minimalis

Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuciUnsplash/PlanetCare Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuci
Tentukan penempatan ruang laundry

Ada beberapa pilihan dalam menentukan ruang laundry, bisa menyatu dalam ruangan yang sama atau terpisah.

Menggabungkan mesin cuci dengan area dapur bisa menjadi opsi untuk menyiasati keterbatasan ruangan karena saluran air mesin cuci dapat digabungkan dengan wastafel dapur.

Area menjemur dan menyetrika perlu ditempatkan terpisah, menyesuaikan tempat yang tersedia, bisa di teras, bagian rumah yang memiliki skylight atau kaca transparan.

Selain itu, area menjemur bisa juga ditempatkan di taman belakang dengan akses yang terbuka dekat dengan cahaya dan udara alami.

Area mati di sudut rumah juga bisa menjadi ruang laundry. Tempatkan mesin cuci lalu atur tempat penyimpanannya secara vertikal.

Baca juga: Bersih dan Nyaman, Ini 5 Warna Terbaik untuk Laundry Room

Pilih jemuran hemat ruang

Gunakan area jemur yang hemat ruang. Misalnya, dengan menempatkan jemuran gantung yang bisa dilipat atau disimpan kembali ketika tidak sedang digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.