Kompas.com - 16/08/2022, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara membuat hunian tampak lebih indah adalah menghiasnya dengan berbagai macam dekorasi untuk melengkapi gaya interiornya.

Deretan dekorasi yang bisa dipilih pun cukup beragam, dari patung, karpet, vas bunga, cermin berbingkai unik, hingga lukisan.

Baca juga: Posisi Kompor dan Wastafel Menurut Feng Shui untuk Datangkan Rezeki

Untuk lukisan sendiri, ada berbagai gambar yang bisa dipilih guna menghiasi rumah. Namun, bagi orang-orang yang menerapkan feng shui di rumah, memilih gambar lukisan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada feng shui yang perlu dipertimbangkan untuk lukisan di rumah. Hal ini dituturkan dalam buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, Selasa (16/8/2022).

“Pilihlah lukisan yang dimengerti maknanya. Tema yang mengandung kemakmuran seperti panen padi di sawah dan kedamaian sangat baik dipasang di ruang tamu,” kata Mas Dian, konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia. 

Untuk lukisan bertema peperangan, badai, atau kesengsaraan, gambar ini dinilai kurang baik dalam feng shui.

Jika kamu seorang kolektor, Mas Dian mengimbau, simpan lukisan bertema tersebut di galeri khusus atau gudang alih-alih di dalam rumah.

Baca juga: 7 Cara Menata Ruang Tamu Berdasarkan Feng Shui

Jenis lukisan berdasarkan feng shui

Dalam bukunya, Mas Dian memaparkan sejumlah jenis gambar lukisan yang dapat dihadirkan di rumah karena memberi keuntungan bagi penghuninya.

Hewan

  • Bangau

Ilustrasi burung bangau.UNSPLASH / Janet Ilustrasi burung bangau.

Untuk hewan, ada beberapa jenis gambar lukisan yang boleh dihadirkan di dalam rumah, salah satunya bangau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.