Kompas.com - 16/08/2022, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur menjadi area yang harus diperhatikan dengan baik karena berkaitan dengan kualitas tidur seseorang.

Selain keadaan kamar tidur yang rapi dan nyaman, bahan seprai juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Memilih seprai terbaik dapat membantu tidur dengan nyaman sehingga dapat bangun dan merasa segar kembali. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Seprai yang Dapat Membantu Tidur Menurut Ahli

Ada banyak informasi tentang menemukan seprai terbaik, dari material terbaik dan warna seprai yang harus dihindari.

Namun, pertanyaan tentang bahan seprai sering kali sulit dijawab. "Umumnya, jumlah benang yang lebih tinggi, lebih mahal dan memiliki kesan lebih mewah dan halus. Tapi, seprai dengan jumlah benang tinggi bukan yang terbaik untuk mereka yang tidur dengan suhu lebih panas karena akan memerangkap panas," kata Klespis, Sleep Coach bersertifikat dari Mattress Clarity.

Karena itu, hindari seprai dengan benang lebih tinggi jika tinggal di lingkungan panas. Jumlah benang seprai akan bervariasi tergantung pada bahan dan tidak selalu berhubungan dengan kualitasnya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Seprai yang Kusut Saat Menggunakan Mesin Pengering 

Misalnya, beberapa linen dan seprai material tencel berkualitas tinggi memiliki jumlah benang yang lebih sedikit, tetapi bisa menjadi alternatif yang mewah.

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (16/8/2022), berikut lima rekomendasi bahan seprai terbaik menurut ahli.

Tencel

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tempat tidurUNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tempat tidur
Jumlah benang Tencel adalah pilihan bagus untuk orang yang tidur pada suhu panas.

"Tidur di suhu panas harus memilih bahan seprai seperti linen, bambu, atau tence  yang menyerap kelembapan, bernapas, serta ringan," ucap Amelia Jerden, spesialis aksesori tidur di Sleepopolis. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai dan Selimut?

Katun

Katun adalah material seprai paling populer saat ini, tetapi daya tariknya mudah dipahami. Bahan ini menghasilkan aliran udara yang lancar dan memiliki sifat menyerap kelembapan sehingga mendorong tidur yang lama serta nyaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.