Kompas.com - 16/08/2022, 08:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski mengusung gaya minimalis, tampilan apartemen tidak melulu harus terlihat sederhana dan terkesan dingin.

Apartemen minimalis serba putih pun dapat terasa hangat dan terlihat lebih elegan jika ditata dengan baik, dari ruang serbaguna hingga kamar tidur.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui di Apartemen

Dikutip dari buku Ide Desain Interior Apartemen Minimalis (2013), karya Paulus Hariadi yang diterbitkan Griya Kreasi, Selasa (16/8/2022), ruang serbaguna adalah ruangan tanpa sekat yang mencakup ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Beberapa orang yang memiliki ruang serbaguna berbentuk persegi panjang mungkin merasa kesulitan saat ingin menatanya.

Sebab, tidak ada pembatas di antara area-area tersebut. Walhasil, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur menjadi terlihat seperti menyatu karena masing-masing area tidak didefinisikan dengan baik.

Lantas, seperti apa cara mendekorasi apartemen minimalis agar lebih elegan, rapi, dan menarik? 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Tamu

Ruang serbaguna

Ilustrasi sofa putih.SHUTTERSTOCK / Ilija Erceg Ilustrasi sofa putih.

  • Tentukan posisi area

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan posisi setiap area. Untuk area ruang makan, misalnya, posisikan di dekat area dapur.

“Ruang makan ditempatkan di dekat area dapur sehingga tidak terlalu jauh untuk persiapan makan. Sedangkan area yang dekat dengan jendela diposisikan sebagai ruang keluarga,” kata Paulus dalam bukunya.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Apartemen agar Terasa Hangat dan Lebih Cerah

  • Komposisi warna hitam dan putih pada ruang keluarga

Untuk dekorasi area ruang keluarga, gunakan komposisi warna hitam dan putih. Untuk warna putih, padukan dengan permukaan bermaterial mengkilau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.