Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing memang menyenangkan bagi Anda yang menyukai hewan yang setia itu. Akan tetapi, bagaimana dengan memelihara lebih dari satu alias beberapa ekor anjing?

Dikutip dari laman American Kennel Club (AKC), Senin (15/8/2022), memelihara beberapa anjing memang bisa rumit. Dalam memutuskan jumlah anjing yang tepat untuk dipelihara, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Kebutuhan anjing saat ini

Sama seperti anak anjing yang membutuhkan pelatihan dan sosialisasi, anjing tua, anjing dengan kebutuhan khusus, dan anjing yang memiliki masalah perilaku membutuhkan perawatan dan perhatian.

Baca juga: 3 Jenis Anjing Golden Retriever Beserta Perbedaan dan Sejarahnya

Ilustrasi memelihara anjing, anjing peliharaan PEXELS/VLADA KARPOVICH Ilustrasi memelihara anjing, anjing peliharaan

Sangat penting untuk menyelesaikan masalah seperti agresi sebelum menambah anjing. Seekor anjing yang cemas atau takut tidak akan mudah memanas seiring waktu.

Selanjutnya, pertimbangkan apakah Anda punya waktu, ruang, dan uang untuk anjing lain. Anda harus menganggarkan biaya tambahan untuk makanan, perawatan, dan biaya kesehatan.

“Bersiaplah untuk biaya finansial dan emosional,” kata Alice Fisher, pelatih anjing profesional bersertifikat dan direktur pelatihan DOGSmart Training.

Skenario yang ideal adalah memiliki anjing yang usianya relatif dekat. Jika anjing berusia di bawah satu tahun, tunggu sampai mereka terlatih dengan baik dan telah mengembangkan ikatan dengan Anda.

Baca juga: 7 Anjing Paling Setia yang Siap Menemani Pemiliknya Kapan Saja

Karena anjing tua cenderung tidak menoleransi anjing yang tidak dikenalnya, Fisher merekomendasikan untuk menunda memelihara baru sampai anjing Anda meninggal.

“Ketika anjing pertama bergerak menuju akhir hidupnya, Anda berutang kepada mereka untuk tidak merasa terancam di rumah mereka atau kewalahan,” kata Fisher.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com