Kompas.com - 14/08/2022, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung macaw dikenal burung yang cantik dengan warna menawan, cerdas, dan senang bersosialisasi.  

Macaw merupakan bagian dari keluarga burung beo yang paling mudah dikenali lewat warna bulu yang dimiliki dan ukuran. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Burung Macaw, Berukuran Besar dan Eksotis

Burung macaw memiliki tubuh besar dan panjang dengan banyak variasi warna bulu warna-warni yang cantik dan eksotis, dari merah, kuning, biru, hingga biru. 

Selain itu, burung macaw dikenal menghibur dan bisa diajak berinteraksi sehingga membuatnya menjadi burung yang banyak dipelihara selama ratusan tahun.  

Namun, tidak semua orang dapat memelihara burung macaw lantaran cukup sulit merawatnya serta membutuhkan berbagai perawatan. 

Nah, dikutip dari Animal Bliss, Minggu (14/8/2022), berikut ini sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum memelihara burung macaw.  

Baca juga: 3 Jenis Burung Macaw Hibrida yang Paling Populer, Warnanya Lebih Indah 

Ukuran burung macaw 

Ilsutrasi burung macawUnsplash/Shannon Kunkle Ilsutrasi burung macaw
Macaw adalah burung besar dan membutuhkan banyak ruang. Tingginya berkisar antara 71-91 sentimeter lebih dengan sayap yang lebar. 

Ukuran kandang minimum untuk burung macaw yang lebih besar adalah kedalaman 76 x 121 sentimeter (cm) dan tinggi 1,5 x 1,8 meter. Semakin lebih besar kandang, semakin baik.

Karena itu, burung macaw tidak ideal untuk rumah kecil atau apartemen. Paling baik adalah memiliki kamar tidur terpisah hanya untuk burung macaw.

Namun, jika Anda mengalami masalah dengan ukuran, ada beberapa spesies burung macaw mini. Tingginya berkisar antara 30 sampai 50 sentimeter. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.