Kompas.com - 14/08/2022, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya pohon belimbing memiliki potensi pasar yang bagus karena banyak disukai. Belimbing merupakan buah yang berasal dari Malaysia dan menyebar ke negara tropis, termasuk Indonesia.

Varietas belimbing sangat beragam, beberapa varietas unggulan yang ada di Indonesia seperti varietas dewa, dewi, demak, sembiring, dan siwalan. 

Baca juga: Ingin Menanam Belimbing di Pekarangan Rumah? Begini Caranya

Budi daya buah belimbing pada umumnya dilakukan di pekarangan rumah sebagai tanaman peneduh. Namun, jika ditanam pada lahan yang luas, tentu akan mendapatkan keuntungan berlimpah. 

Dikutip dari keterangan dalam buku Budidaya Belimbing Manis secara Agribisnis di DKI Jakarta, Minggu (14/8/2022), berikut penjelasan lengkap seputar cara menanam pohon belimbing.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Durian dari Biji

Pemilihan bibit

Ilustrasi belimbing, buah belimbing di pohon. PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi belimbing, buah belimbing di pohon.

Tanaman buah yang berbentuk pohon pada umumnya akan mulai berbuah pada usia empat sampai lima tahun. Namun, dengan memilih bibit yang tepat, pohon belimbing sudah dapat berubah pada umur dua tahun, salah satunya, bibit buah belimbing hasil okulasi.

Perbanyakan belimbing dengan cara okulasi diperoleh dari varietas unggul yang sudah berbuah atau berumur lebih dari tiga tahun.

Satu tahun setelah okulasi, bibit belimbing bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar atau langsung ditanam di lahan. Selain okulasi, bibit belimbing juga bisa didapat dari perbanyakan cangkok atau cara penyusupan.

Baca juga: Cara Budidaya Kangkung Cabut, Bisa Panen dalam 25 Hari

Persiapan lahan

Lahan yang cocok untuk menanam buah belimbing berada di dataran rendah sampai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tanah yang gembur dan mengandung banyak bahan organik sangat disukai pohon belimbing.

Mulai menanam

Ilustrasi belimbing, tanaman belimbing. PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi belimbing, tanaman belimbing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.