Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membersihkan Wastafel Dapur Stainless Steel dengan Cuka

Kompas.com - 14/08/2022, 10:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan wastafel dapur berbahan stainless steel turut membantu menjaga kebersihan dapur. Stainless steel sendiri adalah bahan yang sangat higienis.

Namun, penggunaan sehari-hari, terutama setelah memasak dan mencuci peralatan berminyak, dapat membuat wastafel stainless steel mulai terlihat kusam dan kotoran menumpuk.

Untuk mengatasinya kembali, berikut beberapa langkah membersihkan wastafel dapur stainless steel dilansir dari Real Homes, Minggu (14/8/2022). 

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Dapur agar Bersih dan Tahan Lama

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.

Bahan dan alat yang diperlukan 

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Wastafel Dapur

Bilas wastafel 

Langkah pertama adalah mengenakan sarung tangan dan singkirkan sisa makanan dari lubang pembuangan wastafel, kemudian bilas dengan air bersih dan hangat.

Jika wastafe lambat mengalir atau tersumbat, pelajari cara membuka wastafel yang tersumbat terlebih dahulu. Pastikan tidak ada genangan air yang tersisa di wastafel sebelum Anda membersihkannya. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wastafel Dapur dan Membuatnya Berkilau 

Taburkan soda birkabonat

Taburkan baking soda atau soda bikarbonat ke seluruh bak cuci wastafel dan keran. Ini adalah pembersih baja tahan karat yang bagus untuk menghilangkan minyak yang menempel, makanan, dan kerak kapur, tetapi tidak terlalu abrasif sehingga tidak menggores baja yang mengilap. 

Lap permukaan wastafel

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Lap permukaan wastafel dengan kain mikrofiber. Bersihkan sudut wastafel dapur dan di sekitar keran menggunakan sikat gigi bekas jika perlu.

Pastikan menggosok wastafel dapur stainless steel menggunakan kain lembap dan lembut alih-alih penggosok, dan an diamkan beberapa saat. 

Baca juga: Feng Shui Larang Kompor di Sebelah Wastafel Dapur, Mengapa? 

Semprot dengan cuka putih

Selanjutnya, semprotkan cuka putih murni di atas sisa soda bikarbonat yang tertinggal di bak cuci. Cuka dan soda akan mendesis ketika bersentuhan satu sama lain. Cuka adalah disinfektan yang baik dan bagus untuk menghilangkan noda air.  

Bersihkan wastafel 

Setelah wastafel dapur terlihat bersih, bilas menggunakan air hangat dari keran dan keringkan dengan lap bersih yang lembut.  

Baca juga: 5 Penyebab Wastafel Tersumbat, Lemak hingga Rambut

Oleskan sedikit minyak

Langkah terakhir adalah mengoleskan sedikit minyak pada wastafel dapur stainless steel yang kurang mengkilap menggunakan kain kering. Biarkan hingga mengering dan bersihkan kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com