Kompas.com - 12/08/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna bisa menjadi salah satu cara menghadirkan ketenangan dan kenyamanan di rumah

Sayangnya, ketika berbicara tentang ide warna ruangan, banyal orang tergoda memilih warna favorit. Padahal,mempertimbangkan dampak psikologis terhadap warna adalah penting untuk kesejahteraan mental. 

Baca juga: Ini Warna Lampu Terbaik untuk Kamar Tidur Menurut Para Ahli

"Ketika merasa stres atau kewalahan, warna yang memberikan rasa percaya diri dan menenangkan, dapat menghilangkan kecemasan dan memberi kita ruang untuk menemukan ketenangan," jelas Lee Chambers, psikolog dan konsultan kesejahteraan dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (12/8/2022).

Leatrice Eiseman, Direktur Eiseman Center for Color Information & Training dan Direktur Eksekutif Pantone Color Institute menjelaskan, tidak ada warna terbaik untuk ruangan mana pun karena sebagian besar tergantung pada tingkat kenyamanan orang dan warna yang mereka sukai untuk mengelilinginya. 

Apa yang terbaik untuk satu orang, mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama jika warna yang direkomendasikan bukan warna favoritnya. Namun, ada beberapa skema warna yang terbukti memberikan rasa nyaman dan tenang seperti berikut ini.  

Baca juga: 8 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Gunakan warna alam 

Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijauSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijau
Lee mengatakan biru dan hijau menonjol di alam dan merupakan warna bagus untuk mendukung relaksasi serta pemulihan.

"Jika dipasangkan dengan abu-abu dan putih yang lebih hangat, biru dan hijau juga dapat memberi kita perasaan damai dan kesempatan mengisi ulang 'baterai' kita," jelas Lee.

Secara alami, manusia melihat ke arah warna dan corak yang akan menciptakan perasaan tenang, menghilangkan rangsangan, dan membuatnya nyaman. Biru dan hijau memberi perasaan stabilitas dan pemulihan.

Mendekorasi ruangan dengan warna hijau dan biru dapat menenangkan dan membuat Anda rileks. Nuansa bersahaja ini sangat cocok sebagai ide warna untuk kamar tidur.

Patrick O'Donnell, brand ambassador Farrow & Ball mengatakan memprtimbangkan warna yang menenangkan dan membantu tidur, seperti nada sedang, terutama warna netral yang bersahaja dan hijau lembut. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Cerah 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.